Bandara Udara Ngolram Cepu, Blora Akan Beroperasi Lagi

SetyoNt - Kamis, 19 Januari 2023 17:29 WIB
Bandara Udara Ngolram Cepu, Blora Akan Beroperasi Lagi (internet)

Jakarta, Jatengaja.com – Sempat berhenti beroperasi, Bandara Udara Ngloram, di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora Jawa Tengah (Jateng), akan kembali dibuka untuk penerbangan komersial pada 27 Januari 2023.

Maskapai penerbangan Citilink akan melakukan penerbangan dua kali dalam seminggu dengan rute Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta-Bandara Udara Ngloram.

Hal ini setelah dilakukan pendatangan nota kesepahaman antara Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai dengan Bupati Blora Arief Rohman di Kantor Cilitink, Jakarta, Rabu (18/1).

“Kini kami sudah bisa menyiapkan pesawat kembali untuk beroperasi dua kali dalam seminggu,” kata Dewa Kadek dilansir ari jatengprov.go.id.

Dewa berharap, dengan beroperasinya Citilink ke Blora mampu meningkatkan konektivitas antardaerah di seluruh Indonesia, yang pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Kabupaten Blora dan sekitarnya.

Terkait keterbatasan armada pesawat terbanga, Direktur Utama (Dirut)Citilink menyatakan ke depan akan mengaktifkan kembali sebanyak tujuh armada ATR.

“Saat ini baru lima pesawat terbang yang beroperasi. Namun, jika permintaan masyarakat meningkat, mudah-mudahan bisa meningkatkan frekuensi dari Halim ke Blora,” ujar Dewa.

Dirut Citilink menambahkan penerbangan kembali rute Halim- Ngloram direncanakan akan dilakukan pada 27 Januari 2023. Untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang akan ke Blora, begitu juga ada daerah-daerah lain yang akan ke Blora, lewat Halim.

“Kami akan mempertimbangkan dan mendiskusikan soal waktu jadwal penerbangan,” katanya.

Menurut Dewa market atau pasar dari Cepu, Blora dan kabupaten-kabupaten di sekitarnya cukup besar dan cukup menjanjikan. Terlebih, di Cepu ada institusi pendidikan migas, lembaga-lembaga dari migas.

“Itu merupakan pasar utama kita, di samping perjalanan dinas dari Kabupaten Blora dan kabupaten-kabupaten sekitarnya, yang juga bisa menjadi salah satu market kita,” ujarnya.

Sementara, Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan apresiasinya kepada pihak Citilink yang memutuskan untuk kembali terbang ke Cepu.

“Akhirnya, mimpi kita bandara udara Ngloram bisa didarati pesawat Citilink kembali, bisa terlaksana,” ujarnya.

Bupati Blora, yang akrab disapa Mas Arief merasa optimistis nantinya penerbangan dua kali dalam seminggu akan semakin meningkat peminatnya.

Dari sisi market penumpang, Bupati Blora optimistis, hanya tinggal sosialisasi ke masyarakat luas. Harapannya, harga tiket tidak terlalu mahal, karena kawasan Cepu Raya ke depan, diproyeksikan menjadi pertumbuhan ekonomi baru yang ada di Jawa Tengah bagian Timur, perbatasan dengan Jawa Timur.

“Mimpinya seminggu bisa ada penerbangan tiga kali, yakni Senin, Rabu, dan Jumat. Kalau bisa, tentu sangat bagus untuk menggerakkan ekonomi di Cepu Raya. Secara ekonomi, nanti akan mampu menggerakkan juga pariwisata dan sektor lainnya,” harap Arief. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS