Arus Balik Gratis Pemprov Jateng Digelar 29 April

Sulistya - Kamis, 27 April 2023 10:24 WIB
Sebanyak 1.083 pemudik motor kembali ke Jakarta dengan diangkut menggunakan KM Dobonsolo secara gratis, melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (dok/jatengprov.go.id)

Surakarta, Jatengaja.com – Lebaran tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengadakan program mudik gratis. Ratusan bus, kereta api, kapal laut disiapkan untuk mengangkut pemudik dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, dan Jabodetabek untuk kembali ke Jawa Tengah.

Adapun untuk arus balik, Pemprov Jateng juga melakukan hal yang sama. Arus balik gratis disiapkan Pemprov Jateng untuk masyarakat kembali ke tempat kerja masing-masing pada Sabtu, 29 April 2023.

Program arus balik gratis yang dibuat Pemprov Jateng diapresiasi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Menurutnya, pemilihan tanggal 29 April untuk arus balik gratis dinilai tepat.

"Saya mengapresiasi pak Gubernur Ganjar, tadi informasi dari Dishub bahwa ada arus balik gratis. Ada bus dan kereta api. Tanggalnya pun cerdas, yakni tanggal 29," kata Budi Karya saat mengecek persiapan arus balik di Semarang, beberapa hari lalu.

"Karena tanggal itu menghindari puncak arus balik. Jadi, mudiklah pada tanggal 26, 27, dan 28. Pak Ganjar kasih tanggal 29. Jadi saya apresiasi pak gubernur," ucapnya.

Menurut Budi, pemilihan tanggal 29 April itu sesuai dengan arahan pemerintah untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalan.

Adapun Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, sudah kembali bekerja menyiapkan arus balik Lebaran.

Beberapa persiapan sudah dilakukan sejak arus mudik lalu. Selain itu, ia pun terus memantau arus balik yang sudah terjadi. Ganjar menghimbau pada semua masyarakat yang akan balik ke tempat kerja masing-masing untuk tetap hati-hati.

"Ya tetap hati-hati di jalan, ikuti aturan manajemen lalu lintas ya, biar lancar dan aman. Yang sudah ikut jadwal arus balik gratis, manfaatkan dengan baik," ujarnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS