Perusahaan Suami Puan Maharani Beli 27% Saham Tambang Petrosea (PTRO)

Jumat, 09 Juni 2023 09:19 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

Ilustrasi bisnis perusahaan jasa pertambangan PT Petrosea Tbk (PTRO) (dok. Perseroan)

Jakarta, Jatengaja.com - Sebagian saham di PT Petrosea Tbk (PTRO) milik konglomerat tambang, Haji Romo Nitiyudo Wachjo, dijual ke PT Sentosa Bersama Mitra, perusahaan milik suami Puan Maharani, Happy Hapsoro.

Sebelum transaksi, Haji Romo menguasai kepemilikan di PTRO melalui PT Caraka Reksa Optima yang menjadi pemegang saham pengendali sekaligus induk usaha dari perseroan. Caraka Reksa Optima menguasai 89,8% saham PTRO sementara sisanya dipegang oleh publik dengan persentase di bawah 5%.

Haji Romo sendiri memiliki 80% saham Caraka Reksa Optima sementara 20% sisanya dikuasai oleh PT Dua Usaha Karya Negeri.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), per-31 Mei 2023, terjadi transaksi yang merombak susunan pemegang saham Caraka Reksa Optima.

Dikutip dari www.trenasia.com, kepemilikan Haji Romo di Caraka Reksa Optima menyusut menjadi 39,77%. Kepemilikan PT Dua Usaha Karya Negeri pun menyusut menjadi 13,56%.

Setelah terjadinya transaksi, tercantum nama PT Sentosa Bersama Mitra yang menguasai saham Petrosea sebesar 27%.

Kemudian, PT Sarana Adiwilaga Persada menguasai saham sebanyak 16,95%, sedangkan PT Khazana Kinarya Bersama menguasai 2,72%.

Operasional

"Perubahan tersebut tidak berdampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan," tulis Direktur Legal & Communication Petrosea, Aldi Rakhmatillah melalui keterbukaan informasi BEI dikutip Selasa, 6 Juni 2023.

Sebagai informasi, Haji Romo menjabat sebagai presiden komisaris Petrosea setelah sebelumnya diangkat pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 2 September 2022.

Haji Romo pemilik mayoritas saham dari PT Nusa Halmahera Minerals dan PT Caraka Reksa Optima yang merupakan pemegang saham mayoritas Petrosea.

Saat ini, Haji Romo juga menjabat sebagai presiden direktur di PT Nusa Halmahera Minerals, yang mana dirinya sudah menjabat sejak tahun 2020.

Kemudian, ia juga menjabat sebagai komisaris di PT Indotan Halmahera Bangkit sejak 2019 hingga sekarang, dan komisaris di PT Indotan Sumbawa Bangkit sejak 2012 sampai saat ini.

Sebelumnya, Haji Romo pernah menjabat sebagai komisaris di PT Indotan Sumbawa Barat (2014-2018) dan presiden direktur di PT Ilthabi Bara Utama (2008-2012). (-)