Pengguna Ponsel Saat Berkendaraan Jadi Target Sasaran Operasi Zebra Candi 2024 Polda Jateng

Minggu, 13 Oktober 2024 21:16 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

dirlantas.jpg
Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Sonny Irawan menyatakan, Operasi Zebra Candi 2024 bertujuan mewujudkan keamanan, keselamatan, dan ketertiban berlalu lintas di jalan raya. (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah (Jateng) bakal menggelar Operasi Zebra Candi 2024 selama dua pekan, mulai 14-27 Oktober mendatang.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol. Sonny Irawan menyatakan, Operasi Zebra Candi 2024 bertujuan mewujudkan keamanan, keselamatan, dan ketertiban berlalu lintas di jalan raya.

Dengan melakukan sosialisasi, edukasi, dan pendidikan kepada masyarakat serta penertiban terhadap pelanggaran yang berpotensi terhadap munculnya laka lantas yang menyebabkan terjadinya fatalitas korban meninggal dunia.

“Operasi Zebra Candi 2024 mengedepankan giat edukatif, persuasive, dan humanis, serta penegakkan hukum secara elektronik baik statis maupun mobile dengan memberikan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlaluLintas,” kata Sonny Iriawan di Mapolda Jateng Semarang, Minggu 13 Otober 2024. 

Menurut Dirlantas Polda Jateng ada beberapa fokus sasaran penindakan pelanggaran lalu lintas dalam Operasi Zebra Candi 2024, antara lain berkendara di bawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara.

Selain itu juga, melawan arus lalu lintas, melampaui batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, kendaran dengan muatan over loading dan over dimension (ODOL). 

Operasi Zebra Candi 2024, lanjut Dirlantas Polda Jateng lebih mengutamakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi langkah pencegahan pelanggaran peraturan lalu lintas juga akan digencarkan.

Tujuannya untuk menekan angka pelanggaran, sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas. Melalui operasi ini diharapkan masyarakat semakin sadar dan disiplin menerapkan peraturan lalu lintas demi keselamatan. 

“Ayo bersama-sama kita wujudkan tertib berlalulintas dari diri kita sendiri guna keamanan kenyamanan seluruh pengguna transportasi jalan raya dalam rangka mewujudkan jawa tengah yang tertib berlalulintas,” ajak Sonny. (-)