Jelang Lebaran, Pembangunan Infrastruktur Jalan di Jateng Dikebut

Sabtu, 01 April 2023 11:56 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

16 jalan.jpeg
Pemprov Jateng mengebut perbaikan dalan di Kabupaten Batang dan Kendal.

Semarang, Jatengaja.com – Pembangunan maupun perbaikan infrastruktur jalan pantai utara (Pantura) dan pantai selatan (Pansela) Jawa Tengah terus dikebut menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Infrastruktur lain yang dicermati adalah rest area. Khususnya, kesiapan para pengelola dalam menghadapi pemudik. Pekan depan akan digelar rapat dengan para pemilik rest area di wilayah Jawa Tengah.

"Kami koordinasi juga dengan pusat, karena beberapa jalan milik nasional, umpama selatan itu penerangannya ternyata masih kurang. Padahal kemungkinan itu akan dilewati banyak. Nah, kami akan carikan yang sifatnya penerangan sementara," kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo usai Rakor Forkopimda Jawa Tengah untuk menjaga kondusifitas wilayah menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jumat (31/3/2023).

Hingga minggu kedua Ramadan, pantauan infrastruktur terus dilakukan guna menyambut para pemudik. Gubernur meminta, perbaikan jalan di Pantura dipercepat. Gubernur juga merespons masukan Kapolda Jawa Tengah terkait kurangnya penerangan di jalur selatan. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pusat, sambil berupaya mencari terobosan yang bersifat sementara.

"Masukan bagus dari Pak Kapolda agar pemilik rest area diajak rapat, In Sha Allah Selasa depan kami akan ajak rapat sehingga manajemen di rest area akan bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Pasokan BBM dan Listrik

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pertamina dan PLN untuk memastikan stok BBM dan ketersediaan listrik aman. 

"BBM kita minta untuk pasti ada, Pertamina udah nyiapin. PLN termasuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kami minta untuk menyiapkan karena bukan tidak mungkin mobil listrik juga dipakai mudik," ujarnya.

Terkait Jembatan Juwana, Ganjar yakin akan bisa digunakan saat mudik Lebaran 2023. Laporan terakhir yang diterima, progresnya saat ini dalam tahap pengaspalan.

"Pati (Juwana) sekarang mulai diaspal, jadi kepada saya, ya janjinya April, ternyata April. Saya dulu minta di Maret, tapi ternyata bisanya April ya sudah yang penting diselesaikan," katanya.

Adapun perbaikan jalan berlubang juga terus dikebut. Saat ini, para petugas bekerja maksimal untuk memperbaiki jalan yang rusak berlubang.

"Beberapa jalan lubang dan sebagainya kami minta cepat dan pola pengadaan barang jasanya dengan e-katalog ternyata lebih cepat. Kemarin saya ke Jepara juga sama, dengan e-katalog. Waktunya tidak lebih dari seminggu, mereka sudah bisa bekerja," ucapnya. (-)