Kuota Mudik Gratis 2023 Pemprov Jateng Ludes Dipesan Ribuan Warga Diperantauan Jabodetabek

SetyoNt - Sabtu, 01 April 2023 09:23 WIB
Kuota Mudik Gratis 2023 Pemprov Jateng Sudah Ludes Dipesan Ribuan Warga di Wilayah Jabodetabek (ilustrasi mudik/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Program Mudik Gratis Lebaran 2023 yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) diserbu warga Jateng yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Warga Jateng diperantau di Jabodetabek yang bekerja informal, mulai dari sopir ojol sampai pedagang sayur antusias mendaftar mudik gratis tersebut sehingga kuota 11.608 langsung habis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penghubung Jateng di Jakarta, Turino mengatakan, pada Mudik Gratis Lebaran 2023 ini khusus bagi warga Jateng pekerja informal di Jakarta, termasuk difabel. Dari ribuan kursi yang tersedia, kini telah ludes terpesan.

“Total armada yang dikerahkan sebanyak 197 bus dengan kuota 9.720 pemudik dan tiga rangkaian kereta api dengan kuota 1.888 pemudik sudah sold out atau habis,” katanya dilansir jatengprov.go.id, Jumat (31/3).

Menurut Turino wilayah Kabupaten Klaten, Wonogiri, dan Kabupaten Banjarnegara, menjadi daerah yang paling banyak dituju pemudik.

Pemudik yang menuju wilayah Klaten menggunakan bus berjumlah 400 orang terbagi dalam delapan bus. Pemudik ke Banjarnegara berjumlah 400 orang, dan pemudik asal Wonogiri mencapai 500 pemudik yang terbagi dalam10 bus.

Pemberangkatan pemudik menggunakan armada bus, akan dilakukan pada 17 April 2023 dari Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini indonesia Indah, Jakarta Timur.

Sedangkan pemberangkatan armada kereta api dari Stasiun Pasar Senen, pada 18 April 2023 dengan jadwal yang berbeda-beda.

Untuk pemberangkatan ke Kutoarjo, menggunakan KA Kutoarjo Utara pada pukul 04.55 WIB, pemberangkatan ke Solo menggunakan KA Jaka Tingkir pada pukul 12.50 WIB serta pemberangkatan ke Semarang pada pukul 19.25 WIB menggunakan KA Menoreh.

“Sekarang tiket mahal, bisa sampai Rp500 ribu-Rp600 ribu, kami mencoba meringankan beban warga. Tahun depan harapannya kuota bisa ditambah lagi,” ujar Turino. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS