Perbaikan Jalur Pantura Pati-Rembang Ditargetkan Rampung H-10 Lebaran Mendatang

SetyoNt - Minggu, 05 Maret 2023 20:32 WIB
Perbaikan Jalur Pantura Pati-Rembang Ditargetkan Rampung H-10 Lebaran Mendatang (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Perbaikan jalan dan jembatan rusak di jalur Semarang-Demak-Jepara-Kudus-Pati hingga Rembang ditargetkan pada H-10 Lebaran tahun 2023 selesai.

Target ini disampaikan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Wida Nurfaidah saat mendamping Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meninjau perbaikan jalan dan jembatan di jalur Pantura Timur.

“Kami akan terus lakukan percepatan dan kami targetkan H-10 Lebaran mendatang pekerjaan sudah selesai,” katanya, Jumat (3/3).

Lebih lanjut Wida menerangkan, sejumlah pekerjaan peningkatan jalan saat ini dilakukan di sejumlah titik, mulai Semarang, Demak, Trengguli, Jepara dan Kudus sepanjang 58 km, serta pekerjaan di sejumlah titik ruas Kudus, Pati, Rembang sepanjang 119,8 km.

“Kami sudah jungkir balik agar sejumlah pekerjaan bisa selesai H-10 lebaran. Sementara untuk pekerjaan Jembatan Juwana, kami targetkan April sudah bisa difungsikan. Kami akan berupaya melakukan percepatan agar jalur transportasi di wilayah ini normal kembali,” tandasnya.

Wildan menambahkan sudah memberikan sejumlah solusi, antara lain membuat detour atau jalur pengganti yang hanya bisa digunakan untuk kendaraan kecil dan tidak bisa untuk kendaraan besar seperti container.

Secara keseluruhan, Wida menerangkan jika proyek perbaikan jalan Pantura Timur sudah masuk dalam kontrak proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Rehab mayor atau full rekonstruksi sudah dilakukan sejak 2022 lalu dan selesai 2024.

Selain peningkatan jalan, beberapa ruas jalan rusak namun tidak masuk dalam kontrak perbaikan akan diperbaikan menggunakan sistem tambalan cepat mantap. Perbaikan yang sifatnya non permanen itu akan terus dilakukan untuk mengurangi resiko akibat kerusakan jalan.

“Masih banyak ruas jalan yang harusnya ada peningkatan, namun karena keterbatasan anggaran sehingga tidak bisa. Kami minta maaf kepada masyarakat, tapi kami berupaya melakukan penambalan sementara agar tidak membahayakan,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo kembali melakukan sidak pembangunan sejumlah ruas jalan dan jembatan di Pantura Timur. Jalur Semarang-Demak-Kudus, Pati-Rembang termasuk perbaikan Jembatan Juwana.

Ganjar meminta masyarakat bersabar terkait proses perbaikan yang dilakukan ini, serta meminta aparat kepolisian turun untuk mengatur lalulintas agar kemacetan segera terurai.

“Saya minta ketika ada pekerjaan perbaikan, selain tim teknis yang mengerjakan ada juga tim yang mengatur lalulintas. Sehingga tidak ada komplain dari masyarakat dan keselamatan kerja terjaga,” ujanya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS