Desa Tangkil Klaten Sukses Kembangkan Kambing Etawa

Kamis, 02 Juni 2022 14:32 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

2 juni kambing etawa.jpeg
Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, dulunya dikenal sebagai salah satu desa miskin di Jawa Tengah, kini sukses mengembangkan kambing etawa. (dok/Humas Pemprov Jateng)

Klaten, Jatengaja.com – Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, dulunya dikenal sebagai salah satu desa miskin di Jawa Tengah. Namun kini masyarakat Desa Tangkil terus berbenah dan mengolah berbagai potensi yang ada guna meningkatkan taraf hidup.

Desa Tangkil yang terletak di wilayah lereng Gunung Merapi, mendapat binaan dari Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Klaten pada tahun 2021. Hal itu merupakan program binaan satu OPD satu Desa yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Selama satu tahun, sejumlah potensi tergarap dengan baik, mulai dari sektor peternakan, UMKM, hingga kesenian. Peternakan mampu melahirkan kambing etawa dengan kualitas unggul. Di antaranya pernah menyabet juara tiga dalam kontes tingkat nasional di Yogyakarta. 

Dari keberhasilan itu, mampu mengangkat harga jual kambing etawa produk Desa Tangkil, yakni hingga puluhan juta rupiah. Bukan hanya itu, warga yang mulanya hanya petani dan peternak biasa dengan penghasilan pas-pasan kemudian perlahan mulai mengembangkan peternakan kambing jenis etawa. Selain kontes, kambimg etawa juga menghasilkan susu yang bagus untuk dijual di pasaran.

Suharna, peternak kambing etawa dari desa tersebut mengatakan, setelah mendapat pendampingan dari Balkesmas, kesadaran masyarakat untuk mengembangkan kambing etawa kian tinggi. Dari awalnya hanya delapan sampai 10 ekor, sekarang ada sekitar 30 ekor indukan.

Tertarik

“Iya lumayan, karena ada beberapa event bareng dari pendampingan Balkesmas akhirnya animo masyarakat tertarik. Jadi, mereka mulai mencari informasi. Kita juga diskusi terkait dengan kesehatan hewan,” katanya.

Menurutnya, kambing etawa memiliki harga jual tinggi karena selain dapat memproduksi susu juga bisa diikutkan kontes. Kambing yang menjuarai kontes bahkan dibandrol harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Sekretaris Desa Tangkil, Tri Handoko menuturkan, tahun 2021 desanya menjadi binaan Balkesmas Wilayah Klaten untuk mengentaskan kemiskinan. Meski hanya berlangsung selama satu tahun, pembinaan itu mampu mengangkat potensi desa. Dan, hingga saat ini Balkesmas masih melakukan monitoring.

“Kami diberikan banyak sekali pembinaan, dengan menggandeng Dinas Pertanian dan penyuluhan bahkan sampai terkait badan hukum, terutama bagi peternak kambing etawa,” ujarnya.

Ratna Trisilawati, pendamping desa dari Balkesmas Wilayah Klaten menjelaskan, pihaknya langsung melakukan penggalian potensi Desa Tangkil, untuk kemudian dikembangkan.

“Kami dari Balkesmas Wilayah Klaten mendapatkan amanah untuk melakukan pendampingan di desa zona miskin yaitu di Desa Tangkil dan setelah kami masuk ke desa ini kami gali potensinya. Ternyata di sini begitu banyak potensi kearifan lokalnya, potensi dari segi peternakan ada kambing etawa, kesenian Turonggo Suro, dan bidang UMKM didukung hasil bumi yang diolah masyarakat menjadi sesuatu yang bermanfaat,” ujarnya. (-)