Asyik.. Ke Wisata Gondola Girpasang Kini Bisa Naik Bus

Sulistya - Jumat, 01 April 2022 06:57 WIB
Senasi Jembatan Gantung dan Gondola di Girpasang Klaten, Buat Penasaran Wisatawan (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Klaten, Jatengaja.com – Apakah anda ingin mengunjungi objek wisata jembatan gantung dan gondola di Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten yang sedang trending saat ini?

Perlu diektahui, objek wisata itu berada di lereng Gunung Bibi, Kabupaten Klaten, dan ini menjadi tempat tujuan wisata baru bagi para wisatawan.

Kini bepergian ke Girpasang tak perlu ribet karena sudah ada bus yang melayani ke lokasi wisata itu. Wisatawan bisa naik bus yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bersama Perum Damri.

Secara resmi, bus wisata di diluncurkan halaman Pendapa Kabupaten Klaten, Selasa (29/3/2022). Peluncuran bus wisata ditandai pemecahan kendi oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani di depan armada bus wisata Damri yang diberangkatkan dari Kantor Bupati Klaten.

Pada perjalanan perdana tersebut, diberangkatkan enam armada, yakni empat armada van Mercedes-Benz Sprinter dan dua armada mini-van Toyota HiAce.

Bupati Sri Mulyani turut mencoba armada khusus wisata yang melayani rute Terminal Tipe A Ir Soekarno, Klaten - Girpasang tersebut bersama jajaran Pemkab Klaten. Ia mengaku bersyukur dengan adanya kerja sama dengan Perum Damri tersebut, dan berharap wisata Girpasang semakin mudah untuk dikunjungi wisatawan.

Dampak Rezeki

Ia menceritakan, betapa sulitnya dulu akses menuju Kampung Girpasang, yang mesti menaiki 1.001 anak tangga. Namun, sekarang ada jembatan gantung yang bisa dinikmati oleh masyarakat Girpasang dan menjadi wisata unggulan di Klaten.

“Alhamdulillah jembatan (Girpasang) itu pembawa dampak rezeki, begitu juga kerja sama dengan Perum Damri ataupun yang lainnya. Tentunya menambah fasilitas untuk mempermudah masyarakat yang ingin berwisata ke Girpasang atau jembatan gantung Girpasang,” kata Sri Mulyani.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono mengatakan, latar belakang kerja sama tersebut adalah untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Klaten. Ia juga menilai perlunya sarana transportasi untuk memperlancar akses masyarakat menuju ke lokasi wisata.

“Kami sangat bersyukur terjadi match dan kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Klaten dengan Perum Damri, ini dibuktikan dengan adanya beberapa jalur atau rute yang telah kita buat,” ujarnya.

Total ada tiga rute, yakni Terminal Ir Soekarno-Bandara YIA dan Solo, Terminal Ir Soekarno-Rowo Jombor, dan Terminal Ir Soekarno-Kampung Girpasang.

“Mudah-mudahan nanti rute ini akan berkembang tidak hanya di Rowo Jombor dan Girpasang, tetapi tentunya ke wisata yang lain,” tuturnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS