Wartawan Jateng Deklarasikan Pemilu Damai 2024, Sepakat Tak Publikasi Berita Bohong

SetyoNt - Kamis, 26 Oktober 2023 16:23 WIB
Wartawan Jateng Deklarasikan Pemilu Damai 2024, Sepakat Tak Publikasi Berita Bohong (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Wartawan di Jawa Tengah (Jateng) Deklarasikan Pemilu Damai 2024 sepakat menghindari publikasi berita yang bersifat bohong, tendensius, menyesatkan atau bersifat sensasional.

Deklarasi Pemilu Damai 2024 wartawan Jateng ini dibacakan Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, Zainal Petir di MG Setos Hotel Semarang, Rabu (25/10/20230.

Hadir dalam Deklarasi Pemilu Damai 2024, Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, Ketua Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Jateng, Dr. Teguh Hadi Prayitno, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Satake Bayu, pejabat utama Polda Jateng, sejumlah pimpinan redaksi dan puluhan wartawan media cetak, online, televise, serta radio.

Wartawan Jateng, lanjut Zainal Petir membacakan Deklarasi Pemilu Damai 2024 siap menjaga Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif, untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat demi sebesar-besarnya kemashalatan publik.

Selain itu, wartawan Jateng juga siap menaati semua peraturan dan ketertiban yang terkait dengan penyampaian informasi kepada masyarakat.

“Serta siap memberikan informasi yang akurat, netral dan obyektif kepada masyarakat,” katanya.

Zainal petir menambahkan, media memiliki tanggung jawab besar dalam kesuksesan jalannya pemilu, sehingga harus menyajikan informasi yang akurat dan seimbang kepada masyarakat.

Sementara, Kapolda Jateng Irjen. Pol. Ahmad Luthfi mengajak insan pers di Jateng untuk ikut memberikan kontribusi dengan pemberitaan yang menjaga kondusifitas selama Pemilu 2024.

“Dengan tahapan pemilu yang sudah berjalan tentu akan menciptakan polarisasi dalam masyarakat sehingga kegiatan ini sangat tepat dilaksanakan, dan tentunya akan mengikat secara moril terhadap rekan-rekan media untuk bersama sama menciptakan suasana yang damai,” ujarnya.

Kapolda juga menyampaikan kegiatan cooling system memainkan peran vital dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses pemilu untuk mencegah upaya penyebaran hoax, ujaran kebencian serta semua hal yang berpotensi memecah belah dan mengganggu harkamtibmas.

“Kami berharap media harus turut berperan serta dalam menciptakan colling system di masyarakat yang artinya bagaimana agar pemberitaan yang di tulis dapat membuat Kamtibmas menjadi Kondusif,” harap Luthfi.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Satake Bayu S menambahkan momentum pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai 2024 bertepatan dengan HUT ke-72 Humas Polri.

“Kita terus bersinergi menjalin hubungan yang baik dengan media sebagai mitra utama humas Polri dalam menjaga kondusifitas wilayah Jateng dengan informasi yang obyektif dan aktual maupun informatif kepada masyarakat,” ujarnya.

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS