Ratusan Jamaah Ikuti Shalat Istisqa Memohon Hujan di Plaza MAJT

SetyoNt - Jumat, 20 Oktober 2023 22:18 WIB
Ratusan Jamaah Ikuti Shalat Istisqa Memohon Hujan di Plaza MAJT

Semarang, Jatengaja.com - Ratusan jamaah mengikuti shalat istisqa untuk memohon hujan di Plaza Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya, Kota Semarang, Jumat (20/10).

Bertindak sebagai imam shalat istisqa, KH. Ulil Albab Al Hafidz dan sebagai khatib KH. Hanif Ismail Lc sedangkan istighotsah yang dilakanakn shalat istisqa dipimpin oleh KH Hadlor Ikhsan.

Sekretaris Pelaksana Pengelola MAJT, Drs KH Muhyiddin MAg menyatakan pelaksanaan shalat istisqa sebagai wujud kepedulian dari MAJT terkait masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Berharap dengan pelaksanaan shalat istisqa ini segera turun hujan di seluruh Jateng,” katanya.

Sementara, dalam khutbahnya KH Hanief Ismail Lc yang merupakan Rais Syuriah NU Kota Semarang berwasiat agar selalu berintrospeksi dan mawas diri serta nelakukan renungan atas berbagai perubahan cuaca yang terjadi saat ini.

KH Hanif juga mengingatkan akan banyak nikmat yang Allah memberikan kepada umat manusia, tetapi sebagai umatnya sering kali melakukan kezaliman baik kepada diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

”Jamaah agar memperbanyak istigfar untuk memohon ampun kepada Allah, memperbanyak sedekah dan menyayangi semua mahluk agar kemarau segera diakhiri Allah,” katanya.

Kegiatan shalat istisqa tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023 yang dilaksanakan MAJT.

Ketua Panitia HSN 2023 MAJT, Drs H Istajib AS berterimakasih kepada para jamaah yang telah berkenan melaksanakan ikhtiar dengan shalat istisqa meminta hujan segera turun di wilayah Semarang dan Jateng pada umumnya.

“'Respons jamaah sangat antusias untuk mengikuti shalat istisqa yang dilaksanakan setelah shalat Jumat,'' ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS