Wagub Jateng Puji Kondisi Terkini Masjid Raya Baiturrahman Semakin Indah dan Nyaman

SetyoNt - Selasa, 10 Januari 2023 21:19 WIB
Wagub Jateng (berdiri) Puji Kondisi Terkini Masjid Raya Baiturrahman Semakin Indah dan Nyaman (Jatengaja.com/dok.jatengprov.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen memberikan pujian kondisi terkini Masjid Raya Baiturrahman Semarang yang semakin nyaman dan menarik untuk tempat beribadah.

Pujian ini disampaikan Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, saat memberi sambutan pada acara HUT ke-48 Masjid Raya Baiturrahman Simpang Lima Semarang, Selasa (10/1).

“Penampilan Masjid Raya Baiturrahman yang berada di kawasan Simpang Lima Semarang kini menjadi lebih indah dan tertata dengan baik, termasuk keberadaan taman dan air mancur,” kata Wagub Jateng dilansir dari jatengprov.go.id.

Sebelumnya, lokasi taman dan air mancur tersebut merupakan area publik yang beralih fungsi menjadi tempat parkir. Namun, saat ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi warga, yang akan berkunjung ke mal atau jalan-jalan di kawasan Simpang Lima.

“Sekarang orang kalau ke mal tidak lagi berpikiran ke Masjid Baiturrahman untuk parkir, tetapi ingin berwisata sekaligus meningkatkan keimanan di masjid. Ini sebuah kebanggaan. Kalau dulu parkir kemudian berwisata ke mal-mal di depan masjid, sekarang anak-anak lebih senang bermain di masjid untuk melihat keindahan masjid, syukur-syukur ada edukasi di depan masjid,” ujar Taj Yasin.

Selain untuk melaksanakan ibadah shalat, lanjut Wagub Jateng di Masjid Raya Baiturrahman juga diselenggarakan berbagai kegiatan keagamaan oleh remaja masjid, seperti pengajian rutin, program kajian, membuka stand Ngaji On The Street saat car free day, dan sebagainya.

Menurut Wagub Jateng, akan lebih baik jika diadakan pula kegiatan mengaji outdoor atau di dekat kolam air mancur, agar para peserta lebih menikmati dalam menyerap ilmu.

“Keberadaan Masjid Raya Baiturrahman di depan Lapangan Pancasila menjadi kebanggan Jateng, karena sarat sejarah,” tandasnya.

Wagub Jateng menambahkan keberadaan Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Agung Kauman, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Semarang, merupakan simbol-simbol keagamaan milik Jateng yang wajib disyukuri.

Sebab, keberadaan bangunan bersejarah sebagai tempat beribadah umat muslim itu, merupakan cagar budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jateng menyambut gembira adanya pemugaran dan perbaikan Masjid Baiturrahman, sebab masjid ini cagar budaya yang dilindungi,” ucapnya.

Sebagai informasi, renovasi Masjid Raya Baiturrahman diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin pada September 2022.

Acara syukuran HUT ke-48 Masjid Raya Baiturrahman diisi dengan tausiah dari penceramah kondang KH Anwar Zahid dari Bojonegoro, Jawa Timur. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS