Undip Peringkat 8 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

SetyoNt - Minggu, 30 Juli 2023 22:04 WIB
Kampus Undip Tembalang, Kota Semarang. (Jatengaja.com/dok.undip.ac.id)

Semarang, Jatengaja.com - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menduduki peringkat 8 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics).

Pemeringkatan Webometrics didasarkan penilai dari dampak konten website dan publikasi penelitian pada setiap perguruan tinggi.

Metode tersebut dilakukan untuk melihat konten website yang dinilai berguna untuk menyebarluaskan akses pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Semarang, Prof. Budi Setiyono menyatakan hasil dari daftar ranking Webometrics Juli 2023, yang dilansir dalam laman https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20 menduduki rangking ke-8 di Indonesia dan peringkat 1.156 dunia.

“Peringkat tersebut meningkat dari bulan Januari 2023 yang menempatkan Undip pada rangking ke-21 di Indonesia,” katanya dalam rilis, Sabtu 29 Juli 2023.

Menurut Prof. Budi, Undip terlempar dari 10 besar karena adanya penggunaan akun google scholar yang dobel oleh beberapa dosen dan mahasiswa sehingga didiskualifikasi dari penilaian aspek openness. Namun, kesalahan tersebut telah diperbaiki.

Kembalinya Undip ke jajaran 10 besar perguruan tinggi versi Webometrics tidak lepas dari upaya-upaya yang dilakukan segenap keluarga besar Undip.

“Berharap agar kedepan capaian tersebut akan semakin baik. Website Undip diharapkan semakin menjadi rujukan bagi banyak orang untuk mengakses informasi dan ilmu pengetahuan, juga sitasi terhadap penelitian dan publikasi dosen diharapkan semakin intens frekuensinya,” harap Prof. Budi. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS