Telur Bebek Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Cocok Bagi Ibu Hamil

SetyoNt - Kamis, 11 April 2024 16:30 WIB
Telur Bebek Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Cocok Bagi Ibu Hamil (istimewa)

Jatengaja.com - Telur bebek ternyata merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, karena warna kuning yang tua juga mengandung lebih banyak antioksidan.

Kuning telur bebek juga diketahui lebih banyak mengandung asam lemak omega-3 dan 50% lebih banyak vitamin A dibandingkan atas telur ayam.

Dilansir dari tribratanews.polri.go.id, berikut sejumlah khasiat telur bebek untuk kesehatan bila dikonsumsi secara teratur susai kebutuhan.

1. Membentuk otot
Manfaat telur bebek yakni membentuk otot tubuh. Sebab, telur bebek mengandung lebih banyak protein daripada telur ayam.

Protein dapat membantu tubuh membangun otot tanpa lemak, mempertahankan berat badan yang sehat, dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga atau cedera.

2. Mendukung kesehatan mental
Manfaat telur bebek juga bisa mendukung kesehatan mental. Kekurangan seng, magnesium, dan selenium telah dikaitkan dengan depresi dan kelelahan.

Telur bebek mengandung ketiga mineral ini. Telur bebek merupakan sumber selenium yang sangat baik, menyediakan hampir setengah dari nilai harian dalam satu butir telur.

Telur bebek juga menyediakan vitamin D. Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan depresi.

3. Meningkatkan kesehatan kulit
Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin B dapat meningkatkan kesehatan kulit. Nah, ada delapan jenis vitamin B yang bermanfaat bagi kulit.

4. Meningkatkan kinerja otak
Manfaat telur bebek juga bisa meningkatkan kinerja otak. Salah satu kandungan telur bebek yang berperan dalam fungsi ini yakni, kolin.

Kolin berperan besar dalam reaksi biokimia pada otak yang juga bisa mempercepat pelepasan protein asetilkolin pada otak.

Tak hanya itu, kandungan kolin pada telur bebek membuat makanan ini dapat membantu sel-sel saraf untuk bekerja lebih efektif.

5. Meningkatkan produksi sel darah merah
Manfaat telur bebek ini datang dari vitamin B12 yang diperlukan untuk membentuk hemoglobin dan sintesis DNA di dalam tubuh yang juga menyehatkan sel darah merah.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan Anda mengalami gejala anemia, cepat pikun, memiliki keseimbangan tubuh yang buruk, serta sering kelelahan.

6. Baik bagi ibu hamil
Manfaat telur bebek juga baik untuk ibu hamil karena kandungan seleniumnya. Selenium dapat menormalkan metabolisme hormon di dalam tubuh dan memperbaiki DNA yang rusak sehingga rahim lebih sehat.

7. Mencegah penyakit stroke dan kardiovaskular
Manfaat telur bebek untuk kesehatan juga diyakini untuk mencegah penyakit stroke dan kardiovaskular.

Jumlah kolesterol pada kuning telur bebek memang tinggi, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa telur bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut penelitian, asam oleat yang terkandung di dalam telur bebek diyakini dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat.

8. Menjaga kesehatan mata
Manfaat telur bebek juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin pada telur bebek bukan hanya dapat menjaga kulit tetap sehat, tapi juga berperan dalam memelihara kesehatan mata.

Lutein dan Zeaxanthin adalah antioksidan yang membantu melindungi mata dari berbagai penyakit, mulai dari katarak, hingga degenerasi makula. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS