RSU Boyolali Tambah Tujuh Gedung Baru, Kini Miliki Alat MRI

Sulistya - Jumat, 24 Februari 2023 20:04 WIB
Bupati Boyolali, M Said Hidayat meresmikan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Boyolali. (dok/jatengprov.go.id)

Boyolali, Jatengaja.com – Bupati Boyolali, M Said Hidayat meresmikan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Boyolali. RSU Boyolali itu menambah tujuh gedung baru sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bupati menyambut baik terbangunnya enam gedung dan satu bangunan masjid tersebut. Diharapkan dengan bertambahnya sarana dan prasarana di gedung yang baru mampu meningkatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat Kabupaten Boyolali.

“Langkah kita dalam rangka memberikan satu pelayanan yang baik dari sisi kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Boyolali ini dapat benar benar kita tunjukan dengan peningkatan mutu yang semakin baik termasuk di dalamnya adalah bagaimana kita mampu menunjang fasilitas kesehatan. Sehingga dapat melayani masyarakat Kabupaten Boyolali ini dari sisi kesehatan,” ujarnya dalam siaran pers.

Direktur RSUDPA Kabupaten Boyolali, FX Kristandiyoko menerangkan, ketujuh gedung tersebut berhasil di bangun yang tersebar di beberapa titik di rumah sakit.

Adapun anggaran pembangunan sebesar Rp51.435.283.083 dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dari dana yang dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUDPA Kabupaten Boyolali.

Alat MRI

Ketujuh gedung tersebut yakni Gedung Rawat Inap, Gedung MRI, Poliklinik Eksekutif, Gedung Dialisis. Kemudian, Gedung Instalasi Gizi, Gedung Manajemen serta Masjid Ki Ageng Pandanaran.

“Jadi ada pembangunan dari selatan sampai utara. Tentunya dengan gedung tujuh ini bisa menjadi pitulungan bagi masyarakat untuk bisa berobat untuk mendapatkan kesehatan dan kesembuhan,” katanya.

Dikatakan, pembangunan Gedung Rawat Inap menelan anggaran sebesar Rp34.458.469.900, Gedung MRI dibangun dengan anggaran Rp1.668.729.000, Gedung Instalasi Gizi berdiri dengan dana sebesar Rp2.615.127.000 dan Gedung Dialisis yang terbangun dengan dana sebesar Rp5.117.992.000.

Sedangkan Gedung Poliklinik Eksekutif menelan dana sejumlah Rp4.054.754.000, Gedung Manajemen berdiri dengan dana Rp1.954.820.183 serta Masjid Ki Ageng Pandanaran yang total menghabiskan dana sebesar Rp1.461.256.000.

“Jadi di RSUDPA ini satu satunya rumah sakit yang mempunyai alat Magentic Resonance Imaging (MRI) ini, jadi pasien pasien yang memerlukan MRI tidak perlu lagi keluar dari Boyolali. Dan ini bisa menjadi pusat atau mercusuar di dalam Rumah Sakit Pandan Arang,” tuturnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS