RS Bhayangkara Semarang Miliki Fasilitas MSCT untuk Deteksi Dini Gejala Penyakit Jantung

SetyoNt - Jumat, 26 Agustus 2022 07:25 WIB
RS Bhayangkara Semarang Miliki Fasilitas MSCT untuk Deteksi Dini Gejala Penyakit Jantung (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Rumah Sakit (RS) Bhayangkara TK II Awaloedin Djamin Kota Semarang menyediakan fasilitas pemeriksaan Multislice Computerized Tomography (MSCT) guna mendeteksi dini gejala penyakit jantung pasien,

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kombes Pol dr. Khusnan Marzuki, MM menyatakan fasilitas MSCT bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

“Pemeriksaan MSCT di RS Bhayangkara ini tidak hanya kepada anggota Polri, tapi juga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dari fasilitas ini,” katanya di sela pemeriksaan kesehatan pejabat utama Polda Jateng, Kamis (25/8).

Menurut dr. Kusnan Marzuki pemeriksaan MSCT mempunyai hasil pemeriksaan lebih baik dari CT Scan karena menghasilkan informasi yang lebih akurat terkait organ tubuh pasien, di antaranya jantung.

Alat MSCT merupakan generasi terbaru dari CT Scan sehingga bila ada pasien mengalami kelainan jantung akan terdeteksi lebih awal.

Bagi masyarakat yang akan melakukan MSCT bisa menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan dengan rujukan dari dokter spesialis jantung atau spesialis lainnya semisal penyakit dalam.

“RS Bhayangkara setiap saat siap melayani apabila ada masyarakat yang ingin mendapatkan fasilitas pemeriksaan MSCT secara mandiri,” ujarnya.

Lama pemeriksaan sekitar 15-20 menit. Hasil pemeriksaan akan diberitahukan pada pihak pasien sekitar 2 hari kemudian.

Mengingat besarnya manfaat yang diraih melalui pemeriksaan MSCT, dr. Kusnan menghimbau agar masyarakat menggunakan fasilitas pelayanan tersebut.

“Minimal sekali seumur hidup untuk mendeteksi apakah kita mempunyai gejala kelainan jantung. Jadi kecanggihan fasilitas dan teknologi yang dimiliki RS Bhayangkara ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” katanya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS