Ragam Inovasi dan Layanan TelkomGroup Hadir di Expo 2020 Dubai

Sulistya - Minggu, 03 April 2022 06:06 WIB
EVP Digital Bussiness & Technology Telkom, Saiful Hidajat memaparkan terkait Leap-Telkom Digital. (Jatengaja.com/dok)

Jakarta, Jatengaja.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) ikut menyemarakkan Indonesia Pavilion Expo 2020 Dubai. Kegiatan diadakan secara hybrid baik luring dari Business Lounge Indonesia Pavilion maupun daring melalui video conference dan media sosial Telkom Indonesia.

Dalam rangkaian acara yang berlangsung dua hari itu, menampilkan berbagai inovasi digital Telkom maupun anak perusahaan yang terbaru, serta kegiatan Telkom dalam memainkan peran transformasi digital di Asia Tenggara.

Adapun topik yang menjadi pembahasan dalam kegiatan tersebut antara lain ekosistem digital, digitalisasi perikanan dan pertanian, serta investasi startup oleh MDI di Asia Tenggara. Lebih lanjut juga membahas dan menampilkan Telkomsel Indico, transformasi digital Telin serta infrastruktur digital Mitratel.

Narasumber di antaranya Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, TB. Haeru Rahayu, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian Indonesia, Kodrad Winarno dari Kementerian Pertanian.

Kemudian, Chairman of Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk) Indonesia, Dr Gemilang Tarigan, serta Vice President Wholesale Payment PT Bank Mandiri (Persero), Norman Defryzal. Turut hadir President Director of PT New Priok Container Terminal One (NPCT 1), Takao Omori sebagai salah satu narasumber.

Potensi Akuakultur

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian Indonesia, Tb Haeru Rahayu mengatakan, akuakultur mempunyai potensi yang sangat besar namun belum dikembangkan secara maksimal.

Dijelaskan, digitalisasi mempunyai potensi yang sangat besar dalam menciptakan produksi akuakultur menjadi jauh lebih efektif dan efisien. Kementerian Kelautan dan Perikanan kini berkolaborasi dengan Telkom dalam rangka mengembangkan aquaculture village.

Kodrad Winarno dari Kementerian Pertanian juga menambahkan, salah satu aset yang terpenting dalam pertanian Indonesia mengalami krisis regenerasi.

Membangun ekosistem digitalisasi dapat menjadi salah satu upaya penting dalam memajukan dunia pertanian dan melibatkan anak-anak muda.

“Saat ini Indonesia tengah bertransformasi dari pertanian tradisional menjadi pertanian yang lebih modern dan digital.”

Dalam hal pengembangan digitalisasi pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia bekerja sama dengan Telkom melalui produk Agree.

Direktur Digital Bussiness Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan, saat ini digitalisasi merupakan suatu hal yang tidak bisa terhindarkan. Sudah saatnya digitalisasi menyentuh semua sektor kehidupan dan seluruh daerah di Indonesia dalam rangka mewujudkan inklusivitas digital dan mempercepat akselerasi digital.

Telkom secara konsisten terus memperkenalkan produk-produk yang dapat mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Partisipasi kami di Indonesia Pavilion Expo 2020 Dubai ini kami harapkan dapat memperluas exposure produk-produk tersebut dan memberikan manfaat bagi berbagai pihak.” (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS