JSIT Akan Berkolaborasi Majukan Pendidikan di Jateng

Sulistya - Senin, 28 Maret 2022 18:26 WIB
Pengurus Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Masa Bakti 2022-2026, resmi dilantikdi Hotel Syariah Solo. (Jatengaja.com/dok)

Solo, Jatengaja.com – Sebanyak 92 Pengurus Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Masa Bakti 2022-2026, resmi dilantik. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars JSIT Indonesia, pelantikan berlangsung dengan khidmat.

Lantunan merdu ayat-ayat suci Al-Qur'an semakin menyejukkan suasana di ruang Ar-Raihan, Hotel Syariah Solo. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan, dilanjutkan pembacaan ikrar yang dipandu oleh Ketua Dewan Pembina JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Anis Tanwir Hadi Sag MPI.

"Mari kita berkolaborasi untuk memajukan pendidikan di Jawa Tengah. Menjalin sinergi dengan lembaga pendidikan yang ada, termasuk dengan organisasi terkait. PGRI Jawa Tengah, LPMP Jawa Tengah, Lembaga Pendidikan Ma'arif, Majelis Pendidikan Muhammadiyah, Perkumpulan Sekolah Kristen/Katolik.Tentunya juga dengan Dinas Pendidikan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota," tutur Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Zaenal Abidin, usai dilantik.

Dikatakan, digitalisasi pendidikan saat ini sangat relevan dengan perkembangan zaman yang ada. Ini menjadi kebijakan dari Pengurus JSIT Indonesia Pusat yang akan dilanjutkan pada tataran wilayah dan kabupaten kota.

Ikuti Zaman

“Selain itu juga fokus pada penerapan Pembelajaran ADLX (Active Deep Learning eXperince) dengan pendekatan TERPADU (Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasika, Aplikasikan, Duniawi, Ukhrawi) untuk memajukan mutu pendidikan Sekolah Islam Terpadu (SIT). Proses pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkah," katanya.

Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Karakter JSIT Indonesia, Dr Wiranto MKom MCs menuturkan pentingnya Agile Organization dalam era sekarang ini.

"Kita harus berubah dan bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Perubahan harus menjamin relevansi dengan kebutuhan masyarakat. Digitalisasi pendidikan menjadi tuntutan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan. Juga menjadi pioner dalam berinovasi memajukan pendidikan," ujarnya.

Tokoh masyarakat Jawa Tengah, sekaligus Wakil Wali Kota Salatiga, Dr H Muh Haris SS MSi menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Pengurus JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah.

"Saya mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah Masa Bakti 2022-2026. Mengemban amanah mulia, di dunia pendidikan. Wadah organisasi yang berkomitmen mendidik dan membimbing anak bangsa menjadi cerdas berkarakter. Anak menjadi bisa baca tulis. Anak beradab kepada orang tua, lingkungan alam, dan sesamanya," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS