Potensi Pembiayaan Ultra Mikro bagi Generasi Muda

Sulistya - Senin, 29 Agustus 2022 09:09 WIB
Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah.

Jakarta, Jatengaja.com – Potensi pembiayaan Ultra Mikro (UMi) bagi para calon pengusaha di kalangan generasi muda masih terbuka luas.

Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah menuturkan, sejak 2017 sampai dengan saat ini, pembiayaan UMi yang telah disalurkan kepada lebih dari 6,4 juta pelaku usaha. Sebanyak 771 ribu orang di antaranya merupakan pelaku usaha muda atau pemula dengan usia di bawah 30 tahun.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, terdapat lebih dari 38 juta angkatan kerja yang berusia antara 15 – 29 tahun. Bila dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja muda tersebut, jumlah pengusaha muda penerima pembiayaan UMi yang sebanyak 771 ribu orang hanya mencapai sekitar 2% dari yang 38 juta.

“Maka masih terdapat potensi yang sangat besar sebagai sasaran penerima pembiayaan produktif ini. Meskipun proporsi penerima UMi masih rendah, namun jika dilihat per tahun, ada peningkatan yang konsisten,” tutur Ririn saat menggelar penyerahan hadiah bagi para pemenang kompetisi UMi Youthpreneur 2022 sekaligus talkshow di Museum Nasional, Jakarta.

Dijelaskan, pada tahun 2017, jumlah pengusaha muda penerima UMi hanya 7,8%. Persentase pengusaha muda penerima UMi kemudian meningkat menjadi 10,2% pada tahun 2018, lalu 12,5% pada tahun 2019, 13,4% pada tahun 2020, dan terakhir naik menjadi 18,1% pada tahun 2021.

Pihaknya menggelar rangkaian gelaran kompetisi UMi Youthpreneur 2022 untuk memacu anak muda agar berpikir kreatif dan inovatif, menggali potensi dan menumbuhkan motivasi berwirausaha, dan mendorong pertumbuhan calon wirausahawan muda.

Gelaran sekaligus sebagai ajang promosi serta sosialisasi program pembiayaan mikro pada calon wirausahawan muda.

“Program UMi Youthpreneur kami harapkan bisa menjadi sarana bagi generasi muda untuk mewujudkan ide usahanya dan menjadi calon-calon potensial penerima pembiayaan UMi,” ujar Ririn.

Pengusaha Muda

Adapun, UMi Youthpreneur 2022 merupakan kompetisi pertama yang digelar oleh BLU di bawah Kemenkeu untuk para pengusaha muda. Tema dari penyelenggaraan UMi Youthpreneur 2022 sendiri adalah "If You Want It, Work for It".

Bagi para pemenang kompetisi UMi Youthpreneur 2022, pihaknya telah menyediakan hadiah menarik yang dapat mendorong para calon wirausahawan muda ini mengeksekusi dan mengembangkan bisnisnya di masa depan.

Para pemenang, jelas Ririn, akan mendapatkan pembiayaan sebagaimana yang tertera dalam proposal dengan nilai maksimun sebesar Rp10 juta rupiah melalui penyalur PT Pegadaian dengan bunga yang lebih ringan.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Hadiyanto menegaskan dukungannya terhadap upaya pengembangan semangat wirausaha di kalangan generasi muda yang dilakukan oleh PIP melalui kompetisi UMi Youthpreneur 2022.

Selain menumbuhkan semangat kewirausahaan, lanjut Hadiyanto, kegiatan kompetisi wirausaha bagi kalangan muda ini juga selaras dengan program Youth 20, yang menjadi bagian dari program agenda Presidency G20 di Indonesia.

Hadiyanto mengapresiasi generasi muda yang mampu menciptakan inovasi wirausaha yang berdampak sosial, serta mengajak anak-anak muda lainnya untuk jeli melihat peluang-peluang usaha dengan mengamati tren pasar, kondisi ekonomi, serta peluang kompetisi usaha.

“Melalui kegiatan UMi Youthpreneur 2022, diharapkan menjadi solusi bagi generasi muda, untuk menentukan masa depan sekaligus dapat menciptakan lapangan kerja,” ujar Hadiyanto di dalam acara yang sama. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS