Lakukan Hobi Ini Agar Kesehatan Mentalmu Terjaga

Sulistya - Minggu, 05 Maret 2023 20:21 WIB
Hobi Seru yang Juga Baik untuk Kesehatan Mental Anda (Pexels)

Jakarta, Jatengaja.com - Tahukah Anda, selain menjadi hobi yang seru, berkebun juga bisa membuat Anda sehat secara fisik dan mental?

Hobi berkebun menjadi banyak diminati oleh orang-orang terlebih sejak pandemi melanda. Sebagian besar waktu yang dihabiskan di rumah membuat orang-orang akhirnya merasa perlu untuk mempercantik rumah dan halaman mereka dengan tumbuh-tumbuhan.

Penelitian mengatakan bahwa hanya membutuhkan waktu selama 2,5 jam aktivitas setiap minggu untuk dapat membantu Anda mengurangi resiko banyak masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Mungkin Anda mengira berkebun bukanlah olahraga namun kegiatan Anda menyekop tanah, memindah pot, hingga menyapu kebun Anda perlu dipertimbangkan sebagai aktivitas fisik.

Dikutip dari www.trenasia.com, berada di lingkungan dengan udara segar dan sinar matahari yang cukup juga efektif dan berdampak bagus untuk otak Anda. Aktivitas yang Anda lakukan di kebun Anda ini dapat meningkatkan suasana hati Anda, membantu menghilangkan stres hingga resiko depresi.

Apapun jenis tanaman dan tumbuhan yang Anda tanam tentu sama bermanfaatnya. Jika Anda menanam tanaman hias, mata Anda akan dimanjakan oleh tanaman-tanaman hias Anda.

Jika Anda menanam sayur-sayuran, bahan masakan untuk dapur Anda akan lebih sehat karena lebih orgaik dan segar langsung dipanen dari kebun.Tak lain halnya jika Anda menanam buah-buahan, menu cemilan Anda menjadi jauh lebih sehat dan menyegarkan.

Inilah alasan mengapa berkebun dapat menjadi langkah efektif untuk memulai makan makanan sehat sehingga Anda akan memiliki pola hidup yang sehat. (-)

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS