Pengguna iQS Sekarang Bisa Akses Aplikasi Alquran Kemenag

SetyoNt - Jumat, 05 Agustus 2022 10:10 WIB
Pengguna iQS Sekarang Bisa Akses Aplikasi Alquran Kemenag (Jatengaja.com/dok.kemenag.go.id)

Jakarta, Jatengaja.com - Pengguna iOS (iPhone Operating System) sekarang bisa mengases aplikasi Alquran Kementerian Agama (Kemenag).

Aplikasi Alquran Kemenag yang dikembangkan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kemenag sejak 2015 sebelumnya hanya bisa diakses melalui website dan smartphone berbasis android.

Menurut Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag, Akhmad Fauzin terobosan ini sejalan dengan program transformasi digital yang menjadi satu dari tujuh dari program prioritas Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Mengapresiasi pengembangan aplikasi Alquran Kemenag dari website, android hingga menjadi iOS,” katanya dilansir kemenag.go.id, Jumat 5 Agustus 2022.

Aplikasi mushaf Alquran Kemenag, lanjut Akhmad agar terus dijaga dan dikembangkan, misalnya seperti aplikasi Maktabah Syamilah yang di dalamnya ada ilmu tasawuf dan lainnya.

Mushaf Alqurang berbasis digital, sangat strategis karena bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Indonesia dan bahkan manca negara. Dari hal ini, bisa dilihat bahwa apartur sipil negeri (ASN) Kemenag sangat care terhadap perkembangan teknologi informasi.

“Saya beharap ke depan juga bisa mengembangkan kitab-kitab lain dalam aplikasi ini. Selamat dan sukses. Semoga dengan bisa diakses pengguna iOS, aplikasi Alquran digital semakin bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa," tandas Akhmad Fauzin.

Sementara, Kepala Bidang Pengkajian, Lajnah Pentashihan Al-Qur'an, Abdul Azis Sidqi mejelaskan sudah sejak tahun 2015 mengembangkan aplikasi Alquran Kemenag.

Saat ini, imbuh Abdul perlu adanya surat edaran untuk mengarahkan semua pegawai Kemenag khususnya yang muslim dapat mendowload aplikasi Alquran Kemenag.

“Termasuk di lingkungan madrasah, pesantren, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Ini bisa mendongkrak penggunaan aplikasi Alquran Kemenag,” ujar Abdul.(-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS