Komit Bantu Kredit UMKM, BPR Arto Moro - Bank Banten Jajaki Kerja Sama

Sulistya - Jumat, 05 Agustus 2022 08:29 WIB
Direktur Utama BPR Arto Moro (ketiga dari kiri) menyerahkan plakat kenang-kenangan kepada Bank Banten dalam acara kunjungan Bank Banten ke kantor pusat BPR Arto Moro, di Jl. Elang Raya No 99, Semarang. (Jatengaja.com/dok)

Semarang, Jatengaja.com - Setelah sempat mengalami kontraksi, pertumbuhan kredit UMKM pascapandemi terus menunjukkan sinyal positif. Pada semester I/2022, tercatat kredit perbankan untuk sektor UMKM tumbuh 17,6% (yoy) menjadi Rp1.217,5 triliun.

Peningkatan ini paling banyak ditopang oleh kenaikan kredit UMKM skala mikro yang tumbuh 113,7% yoy pada Juni 2022, meningkat lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tumbuh 108,7 persen yoy.

Komitmen untuk mendukung pembiayaan kepada UMKM agar mampu bangkit ditunjukkan kalangan perbankan, salah satunya BPR Arto Moro. Untuk semakin meningkatkan pembiayaan kepada UMKM, BPR Arto Moro melakukan penjajakan kerja sama linkage program dengan Bank Banten.

BPR Arto Moro menerima kunjungan Bank Banten di kantor pusat Jl Elang Raya No. 99, Mangunharjo, Semarang. Rombongan Bank Banten dipimpin Wahyu, dari Divisi Kredit kantor pusat. Hadir menerima kunjungan Bank Banten adalah Direktur Utama BPR Arto Moro, Darmawan, S.Sos, beserta jajaran pejabat eksekutif BPR Arto Moro.

Darmawan menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bank Banten ke kantor BPR Arto Moro. Menurutnya kerja sama yang nantinya diharapkan terbina antara BPR Arto Moro dan Bank Banten adalah sangat strategis dalam mendukung kebangkitan UMKM pascapandemi.

“Merupakan kehormatan menerima kunjungan dari Bank Banten. Kerja sama yang saat ini sedang dijajaki kami harapkan akan semakin memperkuat penyaluran pembiayaan BPR Arto Moro kepada pelaku UMKM di kota Semarang dan Jawa Tengah,” kata Darmawan.

Outsanding Kredit 70%

Darmawan menambahkan, pada tahun 2022, BPR Arto Moro menargetkan pertumbuhan outsanding kredit sebesar 70%. Untuk mendukung pembiayaan UMKM tersebut, BPR Arto Moro telah menjalin kerja sama linkage program dengan beberapa bank umum seperti Bank Jateng, Bank BJB, Bank Mandiri, CIMB Niaga, BPR Lestari Group, Bank DKI, Bank Mayapada, PT NBP Holding, dan Bank DIY.

Performa Baik

“Untuk dipercaya menjalin kerja sama dengan bank umum nasional sangatlah sulit. Banyak persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi. Terpenting, bank harus dalam keadaan sehat. Oleh sebab itu, kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan berkomitmen untuk menjaga kepercayaan tersebut dengan baik,” kata Darmawan.

Sementara itu Wahyu, Analis Kredit Bank Banten, mengaku terkesan dengan performa dan pertumbuhan BPR Arto Moro. Wahyu mengatakan bahwa tidak mudah membawa bank tumbuh tinggi dikala pendemi sementara kualitas kredit tetap terjaga dengan baik.

Melihat performa BPR Arto Moro yang tumbuh sangat bagus tersebut, menurut Wahyu, sudah saatnya bagi Bank Banten untuk menjalin kerjasama menjalin kerjasama linkage program dengan BPR Arto Moro.

“BPR Arto Moro adalah BPR besar di Semarang dan mendapat penghargaan Infobank sebagai BPR yang sehat dan bagus. Kami berharap kerjasama yang akan terjalin ini dapat membawa manfaat untuk semua pihak dan dapat memajukan masyarakat Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya,” kata Wahyu. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS