IndiHome Hadirkan Kampung Digital di Surakarta

Sulistya - Senin, 01 Agustus 2022 16:33 WIB
Guna memaksimalkan potensi seluruh lapisan masyarakat maupun komunitas lokal di Kota Surakarta di bidang Industri Digital, IndiHome meluncurkan program Kampung Digital by IndiHome. (dok/telkom)

Surakarta, Jatengaja.com Guna memaksimalkan potensi seluruh lapisan masyarakat maupun komunitas lokal di Kota Surakarta di bidang Industri Digital, IndiHome meluncurkan program Kampung Digital by IndiHome.

Kampung digital tersebut berlokasi di RW 12 Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Kampung Digital by IndiHome mengusung tema “Menciptakan Ekosistem Budaya Digital dan Meningkatkan Literasi Digital”.

Keberadaan kampung digital diharapkan dapat mengangkat potensi yang ada. Di antaranya membentuk komunitas gamers, meningkatkan hasil UMKM, dan memberikan pelatihan digital yang bernama IndiCamp Content Creator dan IndiCamp Gamers.

Direktur Consumer Service PT Telkom Indonesia, FM Venusiana hadir dan terjun langsung untuk mengikuti berbagai rangkaian acara. Seperti mengunjungi para komunitas gamers yang ada di Gamers Hub, mengunjungi IndiCamp untuk bertemu dengan para warga.

Selain itu, bertemu salah satu pengisi kelas IndiCamp, Topik Sudirman sebagai konten kreator lokal, serta Yosia Enggar sebagai pengisi kelas Design.

“Saya memiliki keyakinan bahwa masyarakat di Kota Surakarta memiliki potensi besar dan memiliki andil dalam menggerakan ekonomi mikro di daerah. Terbentuknya Kampung Digital IndiHome ini nantinya untuk Menciptakan Ekosistem Budaya Digital dan Meningkatkan Literasi Digital,” katanya.

Dikaakan, TelkomGroup berkomitmen membantu masyarakat tetap produktif dan kreatif melalui akses digital yang merata, sehingga masyarakat dapat beraktivitas tanpa batas dan memenuhi kebutuhan digitalnya bersama koneksi internet cepat dari IndiHome.

Kegiatan diharapkan membangun dan membina warga \yang bertujuan menyediakan fasilitas untuk membentuk Kampung Digital IndiHome menjadi model yang ideal.

Dijelaskan, Development Program yaitu melatih, mengarahkan, dan memaksimalkan potensi masyarakat maupun pelaku kegiatan ekonomi di era 4.0. Kegiatan terakhir yang diluncurkan adalah Community Gathering untuk membentuk dan mewadahi komunitas dan membentuk ruang peluang bagi komunitas untuk berinteraksi dan bertukar informasi.

Melek Digital

“Terpilihnya Kelurahan Banyuanyar menjadi Kampung Digital ini harapanya masyarakat lebih mengenal dan mengimplementasikan digitalisasi dalam segala jenis kegiatan mereka, dan kampung kami bisa terdengar hingga seluruh Indonesia,” kata Moch Shoddiq, Ketua RW 12 Kelurahan Banyuanyar.

Adapun Ketua RT 04 RW 12 Kelurahan Banyuanya, Triana berharap dengan adanya Kampung Digital IndiHome, masyarakat lebih melek digital dan bisa bermanfaat bagi masyarakat lainnya.

“Bagus sekali program Indicamp, walaupun baru pertemuan yang pertama, pembawaan materi yang dibawakan sangat baik, dan mudah dipahami oleh orang awam. Jadi lebih mengerti kegunaan desain bagi masyarakat luas, semoga dengan adanya Indicamp ini bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat khususnya di Kelurahan Banyuanyar,” kata Lukas Febrian, salah satu peserta IndiCamp.

Adapun program Kampung Digital IndiHome di Solo merupakan langkah awal TelkomGroup untuk bisa meningkatkan literasi digital di seluruh wilayah negeri. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS