Pemprov Jateng Mulai Gunakan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas OPD

SetyoNt - Jumat, 26 Agustus 2022 07:07 WIB
Pemprov Jateng Mulai Gunakan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas OPD (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Karanganyar, Jatengaja.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mulai menggunakan mobil listrik untuk kendaraan dinas di lingkup organisasi prangkat daerah (OPD).

Penggunaan mobil listrik di lingkungan Pemprov Jawa Tengah (Jateng) ditandai dengan launching mobil listrik milik Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Jateng oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/8).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyatakan akan mendorong penggunaan mobil listrik di lingkungan OPD Pemprov Jateng.

“Jadi ini semangat bagaimana betul-betul transformasi energi kita mulai meski masih timik-timik, masih pelan-pelan tapi sekarang harus kita segera mulai,” katanya.

Penggunaan mobil listrik tersebut sebagai upaya mendorong transformasi energi. Sekaligus sebagai bentuk keseriusan Pemprov Jateng mendukung kebijakan Pemerintah Pusat.

Ke depan, penggunaan mobil listrik juga akan dilakukan untuk kendaraan dinas di tiap OPD di dilungngan Pemrov Jateng.

“Tahun ini dimulai dari Dinas ESDM Jateng dulu. Nanti ada rencana dari dinas-dinas mau gunakan mobil listrik. Kita tinggal cari partner, siapa pabriknya. Kalau pemerintah yang melakukan saya kira transformasinya akan lebih cepat lagi,” ujarnya.

Ganjar menambahkan pemerintah pusat telah menyiapkan ekosistem mobil listrik yang ada di Indonesia.

“Pak Presiden sudah menyiapkam ekosistem mobil listrik yang ada di indonesia. Intinya sebenarnya ada di batrai, maka kita punya nikel, sudah siapkan pabriknya. Kalau ekosistem ini sudah terjadi, maka Indonesia menuju sistem transportasi hijaunya berjalan,” kata Gubernur Jateng (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS