Menteri Sandiaga Uno Berharap CX Summit 2021 Dongkrak Partisipasi Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif

Sulistya - Selasa, 14 Desember 2021 13:05 WIB
Customer Experience (CX) Summit 2021 dengan tema yang diusung adalah “Revive and Thrive Your Business by Transforming Customer Experience”.

Jakarta, Jatengaja.com - Akibat pandemi Covid-19 yang melanda selama hampir dua tahun terakhir, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak luar biasa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, dampak bisa dilihat dari menurunnya tren konsumsi dan menurunnya wisatawan domestik dan internasional.

Pada saat pandemi, ada sektor yang menjadi pandemic winner, seperti fashion, kuliner, dan griya, khususnya bidang Parekraf yang terdigitalisasi kontribusi terhadap PDB-nya naik 7,5% dan bahkan Indonesia berada di tiga dunia dengan nilai kontribusi 1.100 triliun rupiah,” ujar Menparekraf saat menjadi keynote speaker Customer Experience (CX) Summit 2021, yang diadakan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Menparekraf menuturkan, melalui tema “Optimism for Revival of Tourism and Business in Indonesia Towards 2022”, diharapkan event ini dapat meningkatkan partisipasi pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk bisa mendapatkan pencerahan, ide-ide baru, dalam menghadapi isu-isu customer experience dengan berorientasi pada menghadirkan pengalaman pelanggan yang terbaik.

Adapun Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menuturkan, CX Summit 2021 merupakan kolaborasi Telkom dengan Indonesia Customer Experience Professional (ICXP). CXSummit membahas aspek-aspek strategis yang mengedepankan peningkatan kualitas pengalaman pelanggan atau yang sering disebut sebagai Customer Experience (CX).

Di antaranya aspek terkait transformasi perusahaan menuju customer-centric, customer experience bagi perusahaan, industri UMKM (Usaha Kecil, Mikro dan Menengah), industri ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Customer experience telah menjadi salah satu prioritas TelkomGroup sejak beberapa tahun terakhir. Untuk itu, Telkom masih terus berupaya menghadirkan customer experience yang semakin baik dari waktu ke waktu,” tutur Ririek. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS