Mau Rayakan Tahun Baru dengan Pesta Kembang Api Harus Izin Polisi

SetyoNt - Selasa, 27 Desember 2022 21:23 WIB
Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Iqbal menyatakan kerahkan Ribuan Personel Gabungan Polri/TNI Amankan Laga PSIS vs Persebaya Malam Ini (Jatengaja.com/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Masyarakat yang akan merayakan datanganya Tahun Baru 2023 dengan mengadakan pesta kembang api harus mendapatkan izin dari kepolisian setempat.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyatakan penggunaan kembang api dalam skala besar harus ada ijin Polres setempat.

“Perusahaan atau kelompok masyarakat yang ingin menyalakan kembang api saat malam tahun baru, silahkan mengurus perizinan. Untuk informasi lengkap silakan hubungi satuan intelkam di Polres terdekat,” katanya dalam rilis, Selasa (27/12).

Sedangkan untuk menyulut petasan atau mercon, Iqbal secara tegas melarang karena berbahaya, bahkan mengancam nyawa. Sudah banyak korban berjatuhan akibat petasan, baik itu anak-anak maupun dewasa

Selain itu bunyi ledakan petasan yang sangat keras juga mengganggu lingkungan sekitar dan ketenangan warga.

“Menyulut petasan atau mercon mercon dilarang karena dampaknya yang berbahaya. Ini telah diatur dalam Undang-undang Darurat Tahun 1951 serta sejumlah aturan lainnya,” jelas Kabid Humas Polda Jateng.

Iqbal menambahkan Polda Jateng dan jajaran akan all out mengamankan perayaan malam pergantian Tahun Baru 2023. Polisi akan memonitor setiap kegiatan masyarakat, melakukan penjagaan dan patroli untuk menjaga kenyamanan warga pada malam tahun baru

"Sudah disiapkan pos-pos pengamanan Nataru. Namun khusus tahun baru nanti, dipastikan seluruh personel Polri Polda Jateng akan diterjunkan ke lapangan," tegasnya

Dirinya menghimbau masyarakat bersikap bijak serta mempertimbangkan banyak faktor sebelum keluar rumah untuk merayakan malam pergantian tahun

"Hindari arak-arakan yang dapat merugikan kita dan pengendara lainnya, Apalagi saat ini sering turun hujan. Tolong diperhatikan faktor kesehatan serta keselamatan sebelum bepergian," kata Iqbal

Kabid Humas Polda Jateng mengimbau lebih baik malam tahun baru diisi dengan kegiatan positif seperti mengisi quality time bersama keluarga atau kegiatan lain yang bermanfaat.

Secara pribadi, dirinya mengapresiasi kalangan agamawan , yang mengadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian maupun berdoa bersama di tempat ibadah.

"Datangnya tahun baru adalah momen yang harus disyukuri. Untuk itu mengisi malam tahun baru dengan kegiatan-kegiatan rohani adalah hal yang patut diapresiasi,” ujar Iqbal. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS