Libur Nataru, 1,57 Juta Wisatawan Nusantara dan Mancanegara Kunjungi Objek Wisata di Jateng

SetyoNt - Senin, 08 Januari 2024 23:09 WIB
Libur Nataru, 1,57 Juta Wisatawan Nusantara dan Mancanegara Kunjungi Destinasi Wisata di Jateng. (Objek wisata Candi Borobudur/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) sebanyak 1,57 juta wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata di Jawa Tengah (Jateng).

Berdasarkan data Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng dari 1,57 juta wisatawan dengan perincian wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 1.553.528 orang dan wisatawan mancanegara (wsman) mencapai 16.727 orang.

Kepala Disporapar Jateng, Agung Hariyadi, menyatakan data jumlah kunjungan wisatawan tersebut dihimpun dari rekapitulasi 10 objek wisata favorit di sejumlah ramai yang dikunjungi pelancong selama libur Nataru.

Menurut Agung, jumlah kunjungan wisatawan baik wisnus maupun wisman ke Jateng selama libur Nataru 2023 meningkatkan dratis.

“Dibandingkan libur Nataru tahun lalu terjadi peningkatan luar biasa. Untuk wisnus naik 106,82 persen dan wisman naik 250,97 persen,” katanya dilansir dari jatengprov.go.id, Senin (8/1/2024).

Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan selama libur Nataru, lanjut Agung, antara lain karena status pandemi Covid-19 telah dicabut serta optimalisasi promosi, dan travel fair.

Selain itu, Disporapor Jateng di awal Desember 2023 memberikan surat edaran kepada pelaku wisata, dalam mempersiapkan fasilitas wahana juga pendukungnya seperti musala, toilet dan parkir.

“Kita juga kerja sama dengan Polda Jateng terkait risk assesment, yang wahananya berisiko terhadap keselamatan,” ujarnya.

Di samping itu, banyak dari pengelola wisata yang telah memberikan tempat bagi UMKM, untuk dapat berjualan di lokasi wisata.

Agung menambahkan terus berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah, dengan mengoptimalkan promosi wisata dengan memanfaatkan media digital dan influencer.

“Kita akan meningkatkan promosi, baik daya tarik wisata maupun sport tourism yang ada di Jateng,” katanya.

Sementara, Top Ten atau 10 destinasi wisata favorit selama libur nataru di Jateng yakni, Makam Sunan Kalijaga, Kabupaten Demak, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Candi Prambanan di Klaten, Kawasan Dieng Banjarnegara, Kawasan Dieng Wonosobo, Pantai Karangjahe Rembang, Kota Lama Kota Semarang, Owabong Purbalingga, dan Masjid Agung Demak. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS