Konsumsi Pertamax Series di Jateng dan DIY pada H+3 Lebaran Meningkat hingga 94%

SetyoNt - Selasa, 16 April 2024 14:56 WIB
Konsumsi Pertamax Series di Jateng dan DIY pada H+3 Lebaran Meningkat Tajam hingga 94% (Jatengaja.com/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Konsumsi Pertamax Series (Pertamax dan Pertamax Turbo) di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada H+3 Lebaran meningkat hingga 94% dibandingkan rata-rata harian normal.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho menyatakan, kenaikan signifikan tersebut menunjukkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berkualitas menjadi pilihan para pemudik untuk kembali daerah asal mereka.

“Konsumsi BBM di H+3 Idulfitri atau lebaran (Sabtu, 13 April) di ruas tol Trans Jawa jalur B rest area atau tempat istirahat menuju arah Jakarta yang didominasi produk Pertamax Series yang mencapai 94 persen,” ujarnya akhir pekan lalu.

Adanya peningkatan konsumsi BBM Pertamax Series, Pertamina Patra Niaga, Brasto mengapresiasi pilihan para konsumen yang mempercayakan produk Pertamina dengan oktan tinggi untuk menemani perjalanan kembali ke perantauan.

"Penggunaan BBM beroktan tinggi membantu kendaraan anda lebih responsif dan hemat karena pembakaran lebih sempurna,” ujarnya.

Sedangkan untuk konsumsi BBM jenis gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada H+3, Sabtu (13/4) terjadi peningkatan sebesar 48% dari rata-rata harian normal, yaitu naik dari sekitar 12,9 ribu kiloliter (KL) menjadi sekitar 19 ribu KL.

Tren konsumsi BBM pertamax series pasca Lebaran tahun ini (11 - 13 April) juga dapat terlihat di beberapa kota di Jateng dan DIY dengan peningkatan konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Kebumen dengan konsumsi meningkat 188% dibandingkan rerata harian normal.

Untuk konsumsi pertamax series tertinggi di wilayah DIY adalah Kabupaten Gunung Kidul dengan peningkatan hingga 284% dibandingkan kondisi normal.

"Kami senantiasa menghimbau kepada para pemudik sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman dapat mengisi penuh tangki kendaraannya di titik awal keberangkatannya dengan BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi kendaraan,”ujar Brasto.

PT Pertamina Patra Niaga terus menyiagakan Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idulfitri (Satgas RAFI) 2024 hingga 21 April mengantisipasi masih adanya masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik.

Untuk informasi lebih lanjut terkait produk dan layanan Pertamina Siaga, masyarakat dapat menggunakan aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina Call Center 135 melalui saluran sebagai berikut: Voice:135 Video Call: Aplikasi MyPertamina Chatbot NADIA: Aplikasi MyPertamina & WhatsApp (08111350135). (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS