Minum Air Kelapa Sebelum Tidur Malam Bisa Sehatkan Jantung

SetyoNt - Senin, 15 April 2024 08:23 WIB
null (istimewa)

Jatengaja.com - Mungkin banyak orang yang belum mengetahui , terntara minum air kelapa sebelum tidur malam secara teratur mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain dapat menghindari menghidrasi disebut dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, menurunkan berat badan, hingga mencegah batu ginjal, serta menyehatkan jantung.

Minum air kelapa di malam hari juga dapat membantu menjaga kadar elektrolit dalam tubuh sehingga membuat tidur menjadi lelap. Sebab kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat terlelap.

Dilansir dari tribratanews.polri.go,id, berikut beragam manfaat minum air kelapa muda sebelum tidur malam.

1. Mengatasi masalah ginjal
Air kelapa menjadi salah satu minuman yang dianjurkan untuk orang yang memiliki masalah ginjal. Minum air kelapa di malam hari memungkinkan tubuh untuk menyerap kandungan gizi yang ada dalam minuman tersebut sepanjang malam.

2. Mencegah dehidrasi
Minum air kelapa dapat mengembalikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang sehingga dapat membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Sebab ketika kita tidur, tubuh tidak mendapat asupan cairan. Dengan minum air kelapa sebelum tidur, maka tubuh dapat tetap terhidrasi dengan baik hingga bangun keesokan hari.

3. Mengontrol tekanan darah
Air kelapa juga bermanfaat bagi pengidap darah tinggi atau hipertensi. Air kelapa memiliki kandungan kalium (potasium) yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah penyakit pada pembuluh darah, termasuk darah tinggi, jantung, dan stroke.

4. Menjaga kesehatan jantung
Minum air kelapa muda dapat mencegah terjadinya hipertensi, yang mana merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Dengan demikian, air kelapa secara tidak langsung dapat membantu memelihara kesehatan jantung.

5. Mencegah infeksi saluran kemih
Minum air kelapa dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ketika seseorang sering buang air, ini dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak racun melalui urine. Hal inilah yang dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran kemih. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS