Buntut Kekalahan Timnas U 23 Indonesia, Ketum PSSI Akan Layangkan Protes Resmi ke AFC

SetyoNt - Selasa, 16 April 2024 14:41 WIB
Buntut Kekalahan Timnas U 23 Indonesia, Ketum PSSI Akan Layangkan Protes Resmi ke AFC (jatengaja.com/dok.pssi)

Doha, Jatengaja.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menyatakan secara resmi akan melayangkan protes ke AFC atas kepempinan wasit yang memimpin laga Timnas U 23 Indonesia vs Qatar.

Menurut Erick ada beberapa keputusan kontroversial dilakukan wasit Nasrullo Kabirov dan wasit video assistant referee (VAR), Sivakorn Pu-Udom yang merugikan Timnas U23 Indonsia sehingga kalah 0-2 atas Qatar.

“PSSI akan layangkan surat protes ke AFC. Karena ada beberapa tadi, kartu merah Ivar, mestinya tidak kartu merah. Kita protes,” kata Erick di Doha dilansir dari pssi.org, Selasa (16/4/2024).

PSSI, lanjut Erick, mempunyai otoritas untuk menyampaikan protes resmi ke AFC. Apalagi ada beberapa episode dalam pertandingan yang merugikan timnas Indonesia.

"Kita sebagai federasi akan melayangkan protes terkait performa wasit. Kalian lihat seluruh rakyat Indonesia, netizen sosial media, semua sama kita. Karena mereka tahu, ini bukan game yang fair. Tapi kita masih punya dua game. Kita fight di atas lapangan,” ujarnya.

Kepada para pemain Timnas U 23 Idonesia, Erick Thohir meminta agar tidak terpengaruh atas kepemimpinan wasit di laga pembuka, karena masih ada dua laga tersisa di putaran grup A Piala Asia U 23 2024

Para pemain supaya tampil habis-habisan untuk bisa meraih kemenangan sehingga bisa melangkah babak selanjutnya.

"Jangan sampai game ini merusak fokus kalian. Kita belum selesai, masih ada dua game. Harus fight. Pada prinsipnya ini bukan akhir, kita masih punya dua game. Kita harus melawan balik,” tandasnya.

Timnas U23 Indonesia harus mengakui keunggulan Qatar dengan skor 0-2, pada laga grup A Piala Asia U23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4).

Hasil ini membuat Qatar menduduki puncak klasemen sementara Grup A dengan 3 poin. Indonesia berada di dasar klasemen dengan 0 poin. Sedangkan Yordania dan Australia berada di posisi kedua dan ketiga, setelah kedua tim main imbang 0-0.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Australia pada Kamis (18/4) mendatang di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS