Kasus Covid-19 Jateng Naik, Vaksinasi Booster Digalakkan

Sulistya - Kamis, 14 Juli 2022 08:05 WIB
Vaksinasi booster di SMAN 1 Klaten. (dok/Humas Pemprov Jateng)

Klaten, Jatengaja.com - Kasus Covid-19 di beberapa daerah kembali naik dalam beberapa pekan terakhir. Data kasus Covid-19 di Jawa Tengah per Rabu, 13 Juli 2022, ada 1.400 kasus.

Terjadi penambahan sebanyak 0,18 persen atau 57 kasus dari sebelumnya. Positivity rate-nya sekitar 2 persen. Adapun daerah dengan dengan kasus aktif tertinggi di Jawa Tengah adalah Kota Semarang dengan 175 kasus, Kabupaten Klaten 134 kasus, Kabupaten Jepara 116 kasus.

"Kalau kita lihat kabupaten/kota kasus aktif tertinggi ada Kota Semarang 175, Kabupaten Klaten 134, Kabupaten Jepara 116. Ini yang di atas seratus, lainnya di bawah seratus. Kasus terendah di Kabupaten Semarang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Cilacap, ini masing-masing dua kasus," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai meninjau vaksinasi booster di SMAN 1 Klaten, Rabu (13/7/2022).

Gubernur meminta semua pihak gas pol vaksinasi booster. Terlebih, capaian vaksinasi booster hingga saat ini masih terlalu rendah begitu juga minat masyarakat yang berkurang.

"Kok rasa-rasanya banyak masyarakat yang agak tidak berminat ya padahal sekarang kasusnya di beberapa titik sedang meningkat lagi. Alhamdulillah Jawa Tengah masih terkendali. Harapan saya semua punya kesadaran untuk boosting," kata gubernur.

Dikatakan, pemerintah akan memfasilitasi permintaan masyarakat untuk vaksin booster. Seperti dilakukan oleh SMAN 1 Klaten yang memimpin anak-anak sekolah di seluruh Klaten termasuk guru-gurunya agar mau divaksin.

"Mereka kemudian dikumpulkan. Ini cara yang relatif cukup efektif sehingga kita harapkan kalau boostingnya itu bisa tinggi, minimal kita lebih tenang, lebih ayem," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS