Karnaval Sapi Semarakkan Bulan Bakti Peternakan Boyolali

Sulistya - Rabu, 11 Oktober 2023 19:18 WIB
Karnaval sapi tunggangan menyemarakkan peringatan Bulan Bakti Peternakan ke-187, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali. (dok/jatengprov.go.id)

Boyolali, Jatengaja.com – Karnaval sapi tunggangan menyemarakkan peringatan Bulan Bakti Peternakan ke-187, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali. Selain itu, juga diadakan Bazar UMKM yang diikuti 50 stan produk UMKM dan peternakan lokal.

Adapun Bazar diadakan selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis (10-12/10/2023), di sepanjang jalan depan Kantor Disnakkan, Kompleks Perkantoran Terpadu Kemiri Mojosongo. Nampak hadir Bupati Boyolali M Said Hidayat, Wakil Bupati Wahyu Irawan, Ketua DPRD Marsono, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Boyolali Desy Adiwarni M Said Hidayat dan Nuning Wahyu Irawan.

Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati dalam siaran persnya mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan secara meriah ini sekaligus memperingati Hari Pangan Sedunia ke–43, dan Hari Ikan Nasional ke-10. Juga diadakan lomba ikan hias Channa, dan Hari Rabies sedunia dengan membuka stan kesehatan hewan gratis, berupa vaksinasi rabies pada kucing dan anjing.

“Harapan kami Bulan Bakti ini tidak hanya diselenggarakan sekali ini tetapi secara rutin menjadi image Boyolali atau image masyarakat bahwa Boyolali memiliki potensi sektor peternakan, juga sekaligus perikanan yang luar biasa, ketika kita mampu menampilkan produk-produk lokal kita,” katanya, Selasa (10 /10/2023)
Jumlah sapi di Boyolali sebelum terserang wabah PMK sebanyak 207.160 ekor sapi perah dan potong, adapun setelah wabah PMK berkurang 20 persen menjadi 161.111 ekor. Selain itu, untuk meramaikan acara pada hari pertama, dikeluarkan pula 20 ekor sapi tunggangan untuk dijadikan potensi wisata di Kabupaten Boyolali. Kemudian pada hari Rabu pagi akan dikonteskan sapi indukan dara dalam rangka pencarian indukan berkualitas.

“Kami dapat mengangkat pembangunan sektor peternakan dan perikanan yang di Boyolali ini untuk lebih meningkat, juga bagi masyarakat kami lebih mengetahui potensi-potensi pertanian dan perikanan yang ada di Boyolali. Di dalamnya kami selipkan juga sosialisasi produk daging ikan dan susu. Ini sangat bagus untuk kualitas generasi yang akan datang,” kata Lusi.

Bupati Said yang membuka acara mengapresiasi kegiatan peringatan Bulan Bakti Peternakan. Ia berharap terselenggaranya acara ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Boyolali terutama untuk ketahanan pangan di sektor peternakan dan perikanan.
“Semoga dapat memberikan dampak positif menjadi satu pendorong pada dunia peternakan di Kabupaten Boyolali,” katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS