IndiHome Turut Semarakkan Porseni NU 2023

Sulistya - Rabu, 25 Januari 2023 16:27 WIB
IndiHome turut menyemarakkan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) Tingkat Nasional 2023 di Solo.

Solo, Jatengaja.com - Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) Tingkat Nasional 2023 di Solo telah rampung dan berlangsung semarak. Ajang Porseni NU yang berlangsung selama sepekan lebih itu dimeriahkan dengan jalan sehat bersama Presiden Joko Widodo dan puluhan ribu masyarakat Solo pada Minggu (22/1).

Hadir para pejabat pemerintah serta tokoh publik lainya. Tampak hadir, Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama Telkom Indonesia. IndiHome sebagai internetnya Indonesia, turut mendukung dan meramaikan acara Porseni NU ini dengan free Photobooth 360 derajat, Wheel spin, dan juga merchandise menarik bagi para pengunjung yang mampir ke booth IndiHome.

Ketua Panitia Porseni NU 2023, Nusron Wahid bersyukur acara berlangsung sukses. Rangkaian kegiatan pendukung Porseni Nahdlatul Ulama (NU) resmi dibuka di Lapangan Pamedan Puro Mangkunegaran Solo, Senin (16/1/2023). Pembukaan dimeriahkan dengan lomba mewarnai logo NU, dan paduan suara yang diikuti ribuan peserta di kalangan PAUD, TK, dan Rauhdhatul Athfal (RA) se-Soloraya.

Kegiatan memperingati 1 abad NU itu juga diadakan festival bazar UMKM. Ribuan anak antusias mengikuti lomba mewarnai logo NU dan paduan suara. Nusron Wahid menjelaskan, rangkaian kegiatan sengaja disatukan untuk ajang berkumpul para atlet yg sedang bertanding. Sekaligus untuk menikmati pertunjukan yang melibatkan seniman-seniman dari NU.

"Acara ini adalah tempat untuk bertemunya para peserta. Nanti yang ada sedang bertanding atau berlomba selesai, mereka biar ada tempat berkumpul. Dari pada tidak ada kegiatan maka sambil melihat pertunjukan seniman-seniman dari kalangan Nahdatul Ulama," kata Nusron dalam pembukaan side event di Pura Mangkunegaran, Solo.

Stan UMKM

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka merepons positif kegiatan itu. Gibran hadir langsung dan mengunjungi stan UMKM.

"Porseni NU ini luar biasa. Semuanya dilibatkan ibu-ibu dari fatayat, muslimat, anak-anak semua dilibatkan dari PAUD, jadi saya kira luar biasa sekali," kata Gibran.

Sebanyak 3.643 putra putri madrasah dari tiap pengurus wilayah NU (PWNU) berkompetisi menjadi yang terbaik. Para putra-putri NU yang berkompetisi terdiri dari usia 18-23 tahun, atau jenjang SMA sederajat hingga perguruan tinggi.

Dalam Porseni NU 2023 dipertandingkan beberapa cabang olahraga, yaitu: Sepak Bola, Bulu Tangkis, Bola Voli dan Pencak Silat. Ada juga perlombaan seni yakni: Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), dan Hifdzul alfiyah (lomba menghafal Kitab Alfiyah).

Hasilnya, PWNU Jawa Timur keluar sebagai juara umum dalam ajang Porseni NU ini. Kontingen PWNU Jatim berhasil meraih 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu dari total 7 cabang olahraga dan 3 cabang kesenian yang dipertandingkan. Selanjutnya, peringkat ketiga diraih tuan rumah Jawa Tengah dengan menorehkan 7 emas, 11 perak, 16 perunggu. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS