Perusahaan di Pemalang Buka 800 Lowongan Kerja Bagi Warga Miskin Esktrem

SetyoNt - Selasa, 24 Januari 2023 22:43 WIB
Gubernur Jateng Sebut Perusahaan di Pemalang Buka 800 Lowongan Kerja Bagi Warga Miskin Esktrem (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Pemalang, Jatengaja.com - Perusahaan di Pemalang membukan sebanyak 800 lowongan kerja (loker) bagi masyarakat miskin ekstrem setempat tanpa ada persyaratan harus memiliki keterampilan.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo pada koordinasi percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem di Pendapa Kabupaten Pemalang, Selasa (24/1).

Menurut Ganjar ada dua wilayah di bagian barat pantura Jateng yang perlu perhatian lebih soal kemiskinan, yakni Pemalang dan Brebes.

Mereka yang masuk kriteria kemiskinan ekstrem diukur dari pengeluaran di bawah Rp400 ribu per bulan. Kondisi karena mereka tidak bekerja sehingga tidak memperoleh penghasilan.

Oleh karena itu, lanjut Ganjar untuk menggenjot pendapatan warga agar tidak masuk kategori miskin ekstrem, but/uh adanya lapangan kerja.

Solusi agar warga miskin bisa cepat mendapatkan pekerjaan yaitu berkomunikasi dengan perusahaan di daerah setempat.

“Di Pemalang sendiri langsung ada sekitar 800 lowongan pekerjaan yang diharapkan bisa diisi warga yang masuk kategori miskin ekstrem tersebut,” tandasnya.

Meski perusahaan mau menerima masyarakat yang tak punya skill, namun Ganjar ingin warga punya skill sehingga bisa diterima bekerja karena kemampuannya yang mumpuni.

Pemprov Jateng menyediakan pelatihan. Setelah itu, pihaknya menggandeng perusahaan agar menerima warga yang masuk kategori miskin ekstrem.

Ganjar menekankan, pihaknya mulai mendorong kepada seluruh pemkab/pemkot sampai tingkat desa agar mendata untuk memastikan ke warga yang masuk kategori kemiskinan ekstrem dan kemiskinan yang tidak ekstrem.

“Jika perlu diintervensi, pemerintah punya gambaran intervensi apa yang akan diberikan. Apakah sudah ada sumber keuangannya atau belum, jika belum maka bisa menggunakan CSR, Baznas, atau dari pihak lain,” ujarnya.

Termasuk soal pendidikan dari anak yang tidak sekolah, imbuh Ganjar bisa melanjutkan ke SMKN Jateng gratis tanpa dipungut biaya.

Sementara, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko menuturkan, kemiskinan itu bukan masalah fisik tapi juga masalah mental.

“Kemiskinan itu selesai kalau punya pendapatan. Caranya, tadi pak Gubernur menyampaikan, saya selaku Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jateng kami mendata, industri di seputaran kabupaten yang ekstrem itu sudah kita ajak bicara,” ujarnya.

Hasilnya, kata dia, pemerintah berusaha agar perusahaan memprioritaskan tenaga kerjanya adalah mereka dari kalangan miskin ekstrem.

"Pemalang saja dengan cepat sudah ada, dapat 800 lowongan yang dapat dimasuki dari warga miskin. Cara-cara seperti itulah percepatan akan terjadi. Pak Gubernur meminta kreativitas ditingkatkan, di tingkat desa dan melibatkan banyak pihak," jelasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS