HP Android Hilang, Tenang Bisa Dilacak Lewat Fitur Google Find My Device Offline

SetyoNt - Rabu, 28 Desember 2022 16:58 WIB
HP Android Hilang, Tenang Bisa Dilacak Lewat Fitur Google Find My Device Offline (Freepik.com/katemangostar)

Jakarta, Jatengaja.com - Raksasa mesin pencari Google akan segera merilis aplikasi Find My Device untuk membantu pengguna melacak perangkat HP Android yang hilang meski sedang offline atau tidak tersambung dengan koneksi internet.

Dalam pembaruan terbaru Desember 2022 ini, Google menginformasikan bahwa mereka mengembangkan ‘privacy-centric framework’ baru untuk mengirimkan pemberitahuan lokasi terakhir ponsel yang dienkripsi.

Sebenarnya Google sudah memiliki aplikasi ‘Find My Device’ yang membantu untuk menemukan HP atau tablet Android yang hilang. Dengan fitur ini dapat menemukan dan mengunci ponsel sekaligus menghapus data yang ada di ponsel.

Google juga mengumpulkan informasi tertentu untuk membantu menemukan perangkat HP Android yang hilang. Namun, celah dalam fitur ini yaitu tetap membutuhkan koneksi internet aktif untuk mendeteksi perangkat yang hilang. Meski begitu, fitur tersebut akan segera berubah dengan adanya pembaruan tertentu.

Bila Anda ingin menggunakan fitur ‘Find My Device’ di HP Android, berikut caranya dilansir dari trenasia.com jaringan Jatengaja.com.

Cara Melacak Ponsel Android Hilang dengan Fitur Find My Device

Pertama, buka android.com/find lalu masuk ke akun Google Anda. Setelah itu, jika Anda memiliki lebih dari satu ponsel, klik ponsel yang hilang di bagian atas layar. Pilih profil Anda jika Anda memiliki banyak profil.

Setelah itu, ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi. Di peta, Anda akan mendapatkan informasi mengenai lokasi ponsel Anda yang hilang. Anda harus mencatat bahwa lokasi tersebut merupakan perkiraan dan bisa jadi tidak akurat.

Jika Anda tidak dapat menemukan perangkat, fitur itu akan menampilkan lokasi terakhir yang diketahui. Anda bisa melakukan apapun yang ingin Anda lakukan dengan data Anda dengan mengklik pilihan ‘Aktifkan Kunci’ dan hapus. Anda juga dapat memutar suara yang akan membunyikan ponsel Anda dengan volume penuh selama 5 menit meski sebelumnya telah disetel ke mode senyap atau getar.

Itu tadi fitur Find My Device di ponsel android dan cara menggunakannya untuk mencari ponsel Android yang hilang. Selamat mencoba. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 28 Dec 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS