Konsumsi BBM Dex di Jateng dan DIY Selama Libur Natal Naik 33%

SetyoNt - Rabu, 28 Desember 2022 12:55 WIB
Konsumsi Pertamax Series di Jateng dan DIY pada H+3 Lebaran Meningkat Tajam hingga 94%

Semarang, Jatengaja.com - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Dex di wilayah Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur Natal 2022 mengalami kenaikan 33%.

Menurut Executive General manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Dwi Puja Ariestya penjualan produk Dex dan Pertamax pada puncak arus libur Natal (24/12) naik hingga 33 persen dan Pertamax naik hingga 22% dibandingkan dengan rerata Oktober 2022.

“Penjualan BBM gasoline dan gasoil tertinggi terjadi di SPBU yang berada di jalur tol trans Jawa,” katanya dalam rilis, Rabu (28/12) .

Tercatat kenaikan BBM gasoline (bensin) melonjak hingga 190% yaitu dari 91 Kiloliter (KL) per hari menjadi 181 KL perhari dan untuk gasoil naik 58% dari 119 KL per hari menjadi 150 KL per hari.

Kenaikan BBM di Jawa Tengah (Jateng) ini, lanjut Aris sudah diprediksi sebelumnya mengingat lokasi Jawa Tengah menjadi titik ideal untuk pengisian kendaraan dari Jakarta yang telah menempuh jarak lebih dari 250 kilometer.

“Untuk mengurai antrian di spbu regular, kami juga mengantisipasi dengan menambahkan Sembilan titik Kios Siaga Pertamina, 87 unit PDS/Motoris untuk jalur non tol, 6 unit PDS/Motoris untuk jalur tol, serta 58 SPBU kantong,” ujar Ari

Sementara, Ego Syahrial, Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga dan Komisaris Independen Pertamina Patra Niaga, Wahyu Indra Pramugari melakukan kunjungan kerja ke SPBU KM 252 Pejagan-Pemalang, Jateng,Selasa (27/12).

Ego Syahrial memberikan arahan kepada seluruh tim di lapangan untuk memastikan pasokan BBM dan LPG demi kelancaran hari raya Natal dan Tahun Baru 2023.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh perwira Pertamina yang bertugas untuk dapat melayani sepenuhnya kebutuhan BBM dan LPG kepada masyarakat terutama di jalur yang biasa dilalui masyarakat untuk wisata,” ungkapnya.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Ego Syahrial dan Wahyu Indra Pramugari selain memantau kesiapan Tim Satgas Pertamina di Jalur Tol, juga menyapa dan memberikan bingkisan untuk konsumen pertamina yang sedang melakukan pengisian BBM di SPBU KM 252 dan SPBU KM 287.

Turut hadir dalam kegiatan satgas, Mars Ega Legowo Putra, Direktur Pemasaran Regional Patra Niaga, mengungkapkan stok energi khususnya BBM dalam kondisi yang aman.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena Pertamina Patra Niaga selalu bersiaga dalam menyiapkan bahan bakar khususnya periode Natal dan Tahun Baru 2023 ini,” tutur Mars Ega.

Tidak hanya untuk memantau kesiapan saat libur Natal dan Tahun Baru 2023, Tim Satgas Pertamina Patra Niaga, namun juga diisi dengan kegiatan pemberian bantuan simbolis Corporate Social Responsibility (CSR) kepada GKPII Kidron Kemijen namanya sebagai bentuk kepedulian Pertamina kepada masyarakat. Tidak hanya itu, untuk SPBU yang dikunjungi juga diberikan bingkisan sembako untuk operator SPBU.

“Semoga bantuan tanggung jawab sosial perusahaan ini menjadi berkah dan bermanfaat untuk GKPII Kidron Kemijen dan juga sembako yang diberikan untuk operator SPBU ini juga dapat menjadi manfaat,” tutur Mars Ega. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS