Ratusan Wisatawan dari Karimunjawa Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas dengan KM Kalimutu

SetyoNt - Rabu, 28 Desember 2022 16:38 WIB
Sempat Tertahan di Karimunjawa, Ratusan Wisatawan Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan KM Kalimutu (Jatengaja.com/Internet)

Semarang, Jatengaja,com - Ratusan wisatawan yang sempat tertahan karena cuaca buruk di Pulau Kariminjawa, Jepara tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Rabu (28/12).

Mereka tiba dengan mengunakan KM Kelimutu yang memang ditugaskan khusus menjemput ratusan wisatawan tersebut. KM Kelimutu yang dalam perjalan dari Pelabuhan Sampit menunju Pelabuhan Tanjung Emas singgah di Pelabuhan Legon Bajak Pulau Karimunjawa

Kepala Kantor KSOP Tanjung Emas Semarang, Capt Weku Frederik Karuntu beserta Kepala Distrik Navigasi Tanjung Emas, Diah Nurdiana yang langsung memantau datangnya KM Kelimutu.

Menurut Weku data dari PT Pelni, KM Kelimutu berangkat dari Legon Bajak Karimunjawa Selasa (27/12) pukul 22.00 WIB dengan membawa 500 wisatawan dan masyarakat Karimunjawa.

“KM Kalimutu ini singgah di Pulau Karimunjawa karena kapal-kapal yang biasanya melayani penyeberangan tidak diberangkatkan karena tinggi gelombang mencapai empat meter sesuai peringatan dini dari BMKG. Dari 500 orang tersebut terdapat 49 orang wisatawan mancanegara,” katanya.

Lebih lanjut Capt Weku mengungkapkan bahwa KSOP Tanjung Emas terus memantau perkembangan cuaca dengan BMKG, sebagai acuan pemberangkatan kapal.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan BMKG juga unsur maritim terkait di Pelabuhan Tanjung Emas yang terus bekerjasama untuk melayani para penumpang, utamanya dalam masa Posko Nataru ini,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Jepara menyediakan angkutan lanjutan menuju Jepara untuk 500 wisatawan dan masyarakat Karimunjawa yang ingin melanjutkan perjalanan menuju Jepara.

Hadir dalam penjemputan tersebut Penjabat Bupati Jepara, Kapolres Jepara dan Dandim Jepara, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim, Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR Semarang, Plt Kepala Dinas Perhubungan Jateng, general manager PT Pelindo Regional III Jawa Tengah dan general manager PT Pelni Cabang Semarang. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS