Ganjar Melepas Kontingen Pramuka Jateng Berkekuatan 218 ke Jambore Dunia di Korsel

SetyoNt - Minggu, 30 Juli 2023 21:51 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kanan) melepas 218 kontingen Pramuka Jateng ke Jambore Dunia di Korsel (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Jakarta, Jatengaja.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melepas kontingen Pramuka Jateng yang mengikuti Jambore Dunia ke-25 di Sae Man-Geum Korea Selatan pada 2-12 Agustus 2023.

Kontingen Pramuka Jateng beranggotakan 218 orang yang berangkat ke Korea Selatan (Korsel) merupakan pilihan dari berbagai kwartir cabang yang terdiri dari anggota Pramuka penggalang dan penegak terbaik dari daerahnya masing-masing.

Pelepasan kontingen Pramuka Jateng dilakukan Ganjar Pranowo di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Sabtu 29 Juli 2023 malam.

Dalam sambutannya, Ganjar meminta anggota Pramuka Jateng turut serta menyebarkan pesan damai kepada seluruh dunia.

“Karena di sana nanti teman-teman akan bertemu dengan anggota Pramuka dari seluruh dunia, maka sampaikan pesan damai kepada mereka. Sebab, saat ini banyak sekali keresahan dunia karena situasi tidak menentu,” ujarnya.

Ganjar yang juga Ketua Mabida Jateng berharap Pramuka Jateng mampu mengajak seluruh anggota Pramuka dunia juga menjadi agen perdamaian serta bergotong royong dan bergandeng tangan untuk mewujudkan itu.

"Sampaikan pada dunia, bahwa kami tidak suka perang, kami ingin damai, ada kesejahteraan yang mesti diutamakan. Soal pendidikan, kesehatan dan lainnya. Ajak semua negara saling menghormati satu sama lain," tegasnya.

Kepada anggota Pramuka Jateng, Ganjar berpesan agar selalu menjaga kekompakan dan nama baik serta menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan, gotong royong, persahabatan, dan nilai luhur lainnya.

Serta mengenalkan wisata yang ada Jawa Tengah kepada Pramuka di seluruh duna supaya mereka tertarik dan bisa datang ke negara kita

"Jangan lupa juga belajar tentang semangat hidup orang Korea Selatan, bagaimana mereka berhasil menjadikan negaranya maju. Selamat mengikuti Jambore Pramuka Dunia, saya doakan semuanya sehat dan sukses,” ujarnya.

Acara Jambore Dunia ke-25 akan digelar di Korea Selatan pada 2-12 Agustus mendatang akan diikuti sekitar 50.000 anggota Pramuka dari berbagai dunia. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS