Peringatan Nuzulul Quran, Puan Sebut Alquran Selalu Relevan Jadi Sumber Moral dan Inspirasi

SetyoNt - Senin, 18 April 2022 12:52 WIB
Puan Minta Pemerintah Pastikan Vaksinasi Covid-19 Bagi Jemaah Calon Haji Indonesia Tak Ada Kendala. (foto.dok.dpr.go.id)

Jakarta, Jatengaja.com - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyatakan, peringatan Nuzulul Quran (17 Ramadhan) bisa menjadi spirit bagi umat muslim untuk bekerja serta berdedikasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Alquran sudah menjadi sumber inspirasi dan menjadi pedoman mulia dalam membawa kemajuan kehidupan manusia di muka bumi,” kata Puan, Senin (18/4/2022).

Nuzulul Quran merupakan malam diturunkannya ayat-ayat Alquran kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Pengatan Nuzulul Quran pada Ramadhan 2022 jatuh pada 18 April 2022.

Setelah ratusan abad sejak ayat Alquran pertama kali di turun kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sampai sekarang isinya pun tetap masih relevan bagi umat manusia.

Lebih lanjut Puan menyatakan, di kalangan ulama dan para akademisi Alquran bahkan telah menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Meski kehidupan manusia saat ini sudah memasuki era digitalisasi, Alquran tetap sangat relevan menjadi ajaran, sumber moral dan inspirasi,” ujarnya.

Puan Maharani yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan menambahkan selama ini DPP PDI Perjuangan a rutin menggelar acara peringatan Nuzulul Quran setiap Ramadhan.

Hal ini meneruskan tradisi Bung Karno saat menjadi Presiden, yang rutin menggelar peringatan Nuzulul Quran di istana, atas nasihat para ulama, sebagai rasa syukur atas anugerah Kemerdekaan Indonesia.

"Melalui peringatan Nuzulul Quran yang juga rutin kami selenggarakan, baik melalui DPP PDI Perjuangan maupun oleh Baitul Muslimin Indonesia, maka spirit ajaran Alquran bisa diresapi untuk keselarasan kehidupan beragama dan berbangsa," kata Puan. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS