Petani Bawang Merah Brebes Siap Pasok Kebutuhan Ramadan dan Lebaran Warga Jabodetabek

SetyoNt - Minggu, 17 April 2022 17:13 WIB
Nampak buruh tengah memilah memisahkan bawang merah dan daunnya di kawasan Desa Kaliwlingi Kabupaten Brebes, Minggu 17 April 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (Foto : Panji Asmoro/TrenAsia )

Brebes, Jatengaja.com - Petani bawang merah di Brebes, Jawa Tengah (Jateng) siap memasok kebutuhan bawang merah warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selama Ramadadhan dan menghadapi Lebaran mendatang.

Hal ini mengingat produksi petani bawang merah di Brebes pada April 2022 diperkirakan mencapai 15.840 ton. Angka ini masih dapat bergerak naik lantaran masa panen yang masih berlangsung dan ketersediaan stok dari panen sebelumnya.

Kebutuhan bawang merah selama Ramadhan dan menjelang Lebaran di Jabodetabek mengalami peningkatan. Kondisi ini yang menyebabkan harga bawang merah mengalami fluktuasi.

Harga bawang merah rogol basah di tingkat petani sebelum memasuki masa panen raya berkisar antara Rp18.000 hingga Rp20.000 per kilogram dan akan sedikit menurun saat panen. Harga bawang merah di Brebes menjadi acuan di daerah lain.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan tengah mengantisipasi kenaikan sebagian besar barang kebutuhan pokok atau bapok menjelang lebaran nanti, seperti bawang merah. Adapun reli kenaikan harga bapok itu dipicu anjloknya produksi dalam negeri hingga fluktuasi harga bahan baku pangan yang masih tergantung impor. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Panji Asmoro pada 17 Apr 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS