Bupati Rembang Serahkan Bantuan 400 Alsintan Pengolah Tanah kepada Kelompok Tani

SetyoNt - Kamis, 21 Desember 2023 13:17 WIB
Bupati Rembang Abdul Hafidz (depan) Serahkan Bantuan 400 Alsintan Pengolah Tanah kepada Kelompok Tani (dok.jatengprov.go.id)

Rembang, Jatengaja.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) menyerahkan bantuan sebanyak 400 alat mesin pertanian pengolah tanah kepada kelompok tani.

Penyerahan bantuan alat mesin pertanian (alsintas) dilakukan secara simbolis oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz kepada perwakilan kelompok tani, di halaman Dintanpan Rembang, Rabu 20 Desember 2023.

Menurut Abdul Hafidz kebutuhan alsintan di Kabupaten Rembang diperkirakan mencapai sebanyak 2.700 unit. Saat sudah ada 2.000-an unit alsintan berbagai jenis.

“Insya Allah pada 2024 akan dikasih bantuan 300 alsintas. Jadi ini mau selesai,” ujarnya dilansir dari jatengprov.go.id, Kamis 21 Desember 2023.

Bupati Rembang menyatakan akan terus mengupayakan bantuan alsintan setiap tahunnya untuk para kelompok tani. Diharapkan para kelompok tani dapat merawat bantuan tersebut, agar memberikan manfaat yang lebih lama untuk petani.

“Jangan dibiarkan tidak terurus, nanti dicuri, nanti minta bantuan lagi, biar baru. Jangan begitu, kebutuhan pemerintah itu banyak, membangun jalan dan lainnya,” ujarnya.

Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto menambahkan, alsintan yang diberikan kepada petani kali ini berupa tiga unit traktor mini, 109 unit traktor, 12 unit traktor rotari, 70 unit kultivator, tujuh unit perontok padi, 35 unit perajang tembakau, 24 unit kendaraan roda tiga, dan 163 unit hand sprayer.

“Ditambah alsintan dari bantuan APBN, ada combine. Tahun ini, kita mendapat enam unit, kemudian ada rotari cultivator dan roda tiga,” imbuhnya.

Petani penerima bantuan alsintan, Suminah berkomitmen, bantuan tersebut akan dimanfaatkan bersama-sama dengan anggota kelompok tani, sehingga permasalahan yang disampaikan bupati tidak terjadi. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS