Banyumas Gelar 15 Pilkades Serentak Diikuti 43 Calon

SetyoNt - Minggu, 15 Oktober 2023 12:10 WIB
Banyumas Gelar 15 Pilkades Serentak Diikuti 43 Calon (jatengaja.com/internet)

Banyumas, Jatengaja.com - Sebanyak 15 desa di 13 kecamatan Kabupaten Banyumas akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Senin, 23 Oktober 2023.

Pesta demokrasi tingat desa tersebut diikuti sebanyak 43 orang calon kepala desa dengan perincian, pilkades di Desa Tumiyang (diikuti 3 calon); Desa Cindaga (3 calon), Desa Adisana (4 calon). Ketiga desa tersebut berada di Kecamatan Kebasen.

Kemudian terdapat 5 calon kepala desa di Kecamatan Tambak, yakni ada 3 calon dari Desa Watuagung dan 2 calon dari Desa Gumelar Lor. Desa Klinting Kecamatan Somagede 3 calon, Desa Jambu Kecamatan Wangon 3 calon, Desa Sirau Kecamatan Kemranjen 3 calon, Desa Klahang Kecamatan Sokaraja 2 calon.

Desa Kracak Kecamaran Ajibarang 2 calon, Desa Dermaji Kecamatan Lumbir 2 calon. Selain itu juga , Desa Cilangkap Kecamatan Gumelar 3 calon, Desa Tunjung Kecamatan Jatilawang 3 calon, Desa Datar Kecamatan Sumbang 3 calon, dan Desa Ledug Kecamatan Kembaran sebanyak 4 calon kepala desa.

Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro meminta seluruh peserta pilkades untuk menjaga kondusivitas dan ketertiban suasana di masyarakat di desa masing-masing.

“Semua calon kepala desa, tim kampanye, dan pendukung masing-masing harus berkomitmen untuk menjaga perdamaian, menghormati pandangan lawan politik, dan menjauhi segala bentuk provokasi atau tindakan yang dapat merusak tatanan sosial kita,” ujarnya dilansir jatengprov.go.id, Minggu (15/10).

Hanung berharap kompetisi Pilkades melahirkan figur pemimpin yang dikenal luas masyarakat serta mampu memberikan perlindungan, perubahan taraf, dan tatanan hidup masyarakat ke arah yang lebih baik.

“Kami meminta seluruh pihak yang berkontestasi untuk menghormati dan mendukung hasil pemilihan nantinya. Apa pun hasil pemilihan adalah cerminan dari kehendak rakyat. Kita semua harus siap menerima hasilnya dengan lapang dada,” ujarnya.

Hanung mengimbau panitia pilkades serentak untuk bersikap adil dan netral, serta tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Forkopimda siap memberikan dukungan penuh dalam melaksanakan pemilihan ini secara aman, transparan, dan damai,” tandasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS