KAI Luncurkan 5 Kereta Mewah, Penumpang Bisa Rebahan Hingga Karaoke

SetyoNt - Minggu, 15 Oktober 2023 10:25 WIB
Kereta Luar Biasa kelas panoramic (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)

Jakarta, Jatengaja.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan layanan terbaru kereta api kelas Suite Class Compartment, yang mengusung konsep layanan kereta tidur yang diluncurkan dalam rangka merayakan HUT ke-78 KAI yang jatuh pada tanggal 28 September 2023.

Bila umumnya masyarakat mengenal kelas kereta api terdiri atas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi. Namun, ternyata masih ada kelas lain yang berada di atas kereta eksekutif. Trenasia.com jaringan Jatengaja.com merangkum berbagai layanan kelas spesial yang dioperasikan reguler oleh PT KAI.

Berikut ulasan kereta api super mewah KAI :

Kereta Kelas Priority

Awal mula kemunculan kelas Priority merupakan kereta charteran yang dapat disewa oleh penumpang untuk berbagai rute perjalanan. Namun seiring waktu, PT KAI mulai meregulerkan kelas ini dengan dirangkaikan pada beberapa kereta api regular jarak jauh ketika libur panjang atau saat weekend.

Tampilan Kereta Kelas Priority (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)

Kereta api kelas ini mudah dibedakan dari lainnya sebab berwarna cokelat dengan garis dan tulisan berwarna emas. Kapasitas Kereta Priority sebanyak 30 penumpang. Fasilitas yang diberikan berupa AVOD (Audio Video On Demand) touch screen, Mini Bar, Karaoke System, V Layar Lebar (Big Screen), Foot Rest, Bagasi tiap kursi, dan Toilet eksklusif.

Kereta Kelas Imperial

Sama seperti kelas Priority, kereta Imperial pada awalny juga sebagai kereta api sewaan. KAI baru meregularkan kereta ini beberapa tahun kebelakang. Seperti halnya Priority, Imperial juga dirangkaikan pada kereta regular jarak jauh saat libur panjang atau akhir pekan.

Saat ini kereta Imperial dapat dijumpai dalam perjalanan KA Brawijaya dari Gambir tujuan Semarang. Tampilan luar kereta ini hampir sama dengan Priority. Perbedaanya hanya pada tulisan Imperial yang melekat di kereta tersebut.

Tampilan Kereta Kelas Imperial (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)

Fasilitas yang ditawarkan hampir sama dengan Priority namun Imperial hanya berkapasitas 20 penumpang. Kursi pada kelas ini dapat direbahkan hingga 135 derajat dan dilengkapi sandaran kepala (head rest) serta sandaran kaki (leg rest) fleksibel.

Kereta Kelas Luxury

Kelas spesial selanjutnya yaitu kelas Luxury. Kereta ini diluncurkan oleh PT KAI pada tahun 2018 lalu. Kereta kelas ini terdiri dari dua batch dengan interior yang berbeda. Batch pertama memiliki interior yang bersekat-sekat tiap kursinya dengan kapasitas hanya 18 penumpang tiap kereta.

Terdapat fasilitas lampu baca, kursi yang dapat direbahkan untuk tidur hingga Audio Video On Demand di tiap bangkunya. Batch kedua kelas luxury diluncurkan tahun 2019 seiring banyaknya peminat pada kereta luxury generasi pertama.

Secara fasilitas hampir sama namun untuk kapasitas Luxury batch dua ini sebanyak 28 penumpang. Kursi pada Luxury batch dua ini dapat diputar 180 derajat yang membuatnya berbeda dengan pendahulunya.

Tampilan Kereta Kelas Luxury (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)

Saat ini, KAI mengoperasikan kelas tersebut pada rute Gambir - Surabaya Pasarturi yang dirangkaikan pada KA Argo Bromo Anggrek dan KA Sembrani. Kemudian untuk rute Gambir – Yogyakarta dirangkaikan pada KA Taksaka. Selanjutnya rute Gambir – Solo Balapan pada KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga serta Gambir – Malang pada KA Gajayana. KAI juga akan menambah armada kereta kelas ini dengan memesan kepada PT INKA.

Kereta Kelas Panoramic

Kereta kelas mewah selanjutnya yaitu kelas Panoramic. Kereta ini mengusung konsep menikmati perjalanan dari dalam kereta. Kelas Panoramic diluncurkan pada tahun 2022 lalu dan mulai dirangkalian secara reguler pada beberapa kereta di lintas Jakarta – Bandung dan Bandung – Surabaya yang terkenal eksotis rutenya.

Tampilan Kereta Kelas Panoramic (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)

Sesuai namanya, kereta ini memiliki bentuk kaca yang lebar pada jendela ditambah dengan kaca pada bagian atap. Dengan begitu penumpang dapat menikmati pemandangan secara leluasa tidak seperti kereta pada umumnya.

Kereta api ini berkapsitas 38 tempat duduk yang dilengkapi fasilitas mini pantry, toilet yang luas, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta, dan lain sebagainya.

Kereta Compartment Suites

Kereta yang baru diresmikan beberapa pada 10 Oktober 2023 ini bisa dikatakan menduduki kasta tertinggi dari seluruh jenis kelas yang dioperasikan oleh PT KAI. Kereta ini memberikan privasi pelanggan dengan maksimal. Pasalnya hanya terdapat 16 ruang pribadi (kompartemen) dalam satu kereta untuk masing-masing penumpang.

Tampilan Kereta Kelas Compartment Suites (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)

Dilansir dari laman resmi PT KAI, beragam fasilitas mewah dipasang pada kereta ini seperti pintu geser yang digerakkan secara otomatis, kursi yang dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat serta dapat diputar (revolving) menyesuaikan arah perjalanan kereta.

Sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan juga bisa diatur menyesuaikan penumpang. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja.

Sejak diresmikan pada 10 Oktober lalu, kereta ini dipasangkan pada KA Bima dan Argo Semeru relasi Gambir – Surabaya Gubeng. Dipasangnya kereta itu pada kedua KA tersebut seakan nostalgia sebab KA Bima dahulunya merupakan kereta api kelas tidur saat awal peluncurannya. (-)

Editor: SetyoNt
Tags kereta apiKAIBagikan

RELATED NEWS