Bantu Masyarakat Aman Libur Nataru, Pemprov Jateng Buka Posko Terpadu

SetyoNt - Minggu, 24 Desember 2023 21:26 WIB
Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana saat meresmikan Posko terpadu. (Jatengaaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Guna membatu masyarakat aman dalan lancar pada libur natal dan tahun baru (Nataru), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka posko terpadu.

Pelaksanaan posko terpadu yang berada di Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Jalan Pahlawan Semarang tersebut akan berlangsung mulai 22 Desember 2023 hingga hingga dua pekan ke depan.

Menurut Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana kebeadaan Posko terpadu ini tugasnya untuk mengendalikan posko-posko Nataru yang didirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) di sejumlah lokasi.

“Posko terpadu akan digunakan untuk mengendalikan posko baik yang ada di 22 terminal, posko perbatasan, posko tempat wisata, maupun posko di keramaian-keramaian,” katanya usai membuka Posko Nataru di Semarang, Jumat 22 Desember 2023 sore

Dalam posko terpadu itu, ada sebanyak sembilan koordinator bidang, meliputi koordinator bidang komunikasi dan informatika, penanggulangan bencana, kamtibmas, kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas), infrastruktur, kesehatan, energi, lalu lintas dan transportasi.

Setiap koordinator bidang memiliki tanggungjawab masing-masing, seperti koordinator bidang transportasi bertugas memonitor pergerakan penumpang, koordinator bidang energi bertanggungjawab memonitor ketersediaan BBM dan listrik.

Nana memastikan, personel yang bertugas di Posko terpadu Pemprov Jateng telah siap untuk menjalankan ugas masing-masing untuk pengamanan libur nataru.

“Keberadaan posko terpadu ini bertujuan untuk memberikan respon cepat kepada masyarakat, jika menemui kendala ketika melakukan aktivitas di momen Nataru,” ujarnya.

Pokso terpadu tersebut juga menyediakan call center yang bisa dihubungi masyarakat. Apabila membutuhkan bantuan, masyarakat dapat menghubungi call center 08112790123.

Nana menambahkan posko terpadu Pemprov Jateng merupakan satu kesatuan dari berbagai stakeholder, mulai dari pemda, TNI dan Polri, Pramuka, Orari, dari BMKG, dan RAPI.

“Kepada masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas di libur Nataru, agar menjaga kesehatan, dan senantiasa mencari informasi mengenai cuaca ataupun kondisi lalu lintas, untuk memastikan perjalanannya lancar,” harapnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS