Bak Peragawati Profesional, Wakil Bupati Blora Semarakkan Fashion Show UMKM Batik Blora on The Street

Sulistya - Jumat, 02 September 2022 08:08 WIB
Peragaan busana bertajuk Fashion Show UMKM Batik Blora on The Street, berlangsung semarak yang diadakan di Grand Maerakaca Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. (dok/jatengprov.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Peragaan busana bertajuk Fashion Show UMKM Batik Blora on The Street, berlangsung semarak yang diadakan di Grand Maerakaca Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah.

Berkonsep fashion show outdoor, para peragawan dan peragawati dari Arby Vembria Modelling School memeragakan batik Blora, yang dikreasikan dalam beberapa pakaian sehari-hari, antara lain dress, jaket, dan casual.

Yang menarik, salah satu peragawatinya adalah Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati. Wabup terlihat luwes berlenggak lenggok, memeragakan busana yang dibalut dengan jaket, buatan pengrajin UMKM batik dari Blora.

Selain wabup, ikut tampil menjadi peragawati adalah Ratna Komang Irawadi (istri Sekretaris Daerah), Indah Puji Luluk (istri Staf Ahli Bupati), Sri Budi Lestari Kiswoyo (istri Kepala Dinas Dindagkop dan UMKM), serta Dian Nurhana Heru (istri Kepala BKD).

Usai peragaan, wabup mengapresiasi peran Dekranasda Blora yang telah melakukan lompatan besar, dengan mengadakan gelaran fashion show tersebut.

Kreasi Batik

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, bisa menunjukan kreasi batik Blora pada masyarakat Jawa Tengah,” kata wabup yang akrab disapa Mbak Etik dalam keterangan persnya.

Menurutnya, melalui kegiatan-kegiatan seperti di PRPP itu, batik Blora bisa semakin dikenal masyarakat luas dan membangkitkan kecintaan terhadap batik.

“Sekaligus juga kami ingin menunjukan, bahwa Blora punya pelaku UMKM Batik hingga desainer busana batik yang sangat potensial, dan karya-karyanya patut diacungi jempol. Kami terus mendorong agar para pelaku UMKM batik ini bisa naik kelas,” ujarnya.

Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UKM, Dindagkop UKM Provinsi Jawa Tengah, Hatta Hatnansya Yunus menuturkan, pihaknya siap bersinergi untuk memajukan UMKM batik di Blora. Termasuk, peluang untuk bisa menggandeng pihak ketiga atau swasta, untuk mendampingi pembatik maupun desainer, yang ada di Blora untuk bisa maju.

“Ternyata di Blora batik ada fesyennya juga, ini menjadi catatan untuk kita, mungkin bisa bersinergi, berkolaborasi untuk pembinaan UMKM batik, khususnya yang ada di Blora,” katanya.

Ditambahkan, pihaknya akan terus mendorong pelaku UKM batik di Jawa Tengah, agar tidak hanya berhenti sampai pada kain batik, melainkan bisa menjadi sebuah produk fesyen. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS