Atlet Panjat Tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyo dan Kiromal Katibin Dominasi Speed Putra IFSC 2023

SetyoNt - Senin, 13 November 2023 16:07 WIB
Atlet Panjat Tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyo dan Kiromal Katibin Dominasi Speed Putra IFSC 2023 (Jatengaja.com/dok.kemenpora.go.id)

Jakarta, Jatengaja.com - Atlet panjat tebing Indonesia mendominasi nomor speed putra pada final ajang International Federation of Sport Climbing (IFSC) Asian Qualifier 2023.

Pemanjat tebing Indonesia Rahmad Adi Mulyono berhasil meraih juara I dan Kiromal Katibin yang meraih juara II, sedangkan juara III diraih pemanjat tebing Jepang, Ryo Omasa.

Final nomor speed putra pada final ajang IFSC Asian Qualifier 2023 berlangsung di Lot 11 Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu malam (12/11/ 2023).

Capaian juara pertama ini sekaligus mengantarkan atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Sedangkan untuk katagori speed putri, atlet panjat tebing China, Deng Lijuan meraih juara I disusul atlet panjat tebing Korsel, Jeong Jimin peringkat II, dan atlet panjat tebing Indonesia, Rajiah Sallsabillah meraih juara III.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo menyatakan bangga dan senang dengan keberhasilan atlet panjat tebing Indonesia Rahmad Adi Mulyono meraih juara serta menambah satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya, atlet panjat tebing putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi sudah meraih tiket untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.

“Tentunya saya sangat senang dan bangga karena kita menjadi tuan rumah IFSC Asian Qualified 2023 benar-benar sesuai target dengan menambah satu tiket ke Olimpiade Paris 2024,” kata Dito usai mengalungkan medali kepada juara speed putra dilansir dari kemenpora.go.id

Menurut Dito, mendapatkan informasi dari Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid akan dua kualifikasi lagi di Shanghai dan Budapest, sehingga masih bisa menambah tiket Olimpiade Paris 2024.

Lebih lanjut, Menpora Dito mengatakan bahwa, FPTI sudah menyiapkan road map jangka pendek menengah dan panjang.

“Kemenpora akan selalu mendukung dan meminta kepada Ketum FPTI mendapatkan pendampingan psikologis. Jadi kita siapkan mental dan fisik para atlet yang akan bertanding nanti,” ujarnya.

Sementara, Ketum FPTI Yenny Wahid menyampaikan bahwa hasil ini sesuai target bahkan katagori Lead dan Boulder yang tidak ditarget ternyata masuk final.

“Kami sangat gembira ini artinya kita punya modal untuk empat tahun ke depan. Dengan berkolaborasi dengan Kemenpora kita akan terus membina dan memastikan bahwa ke depan olahraga panjat tebing akan meraih prestasi di semua katagori,” ujarnya.

Yeni kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang selama ini menjadi mitra FPTI dengan selalu mendukung kegiatan-kegiatan FPTI.

“Semoga dengan investasi seperti ini maka kita bisa mendapatkan mendali emas di Olimpiade Paris mendatang,” harapnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS