Amankan Mudik Lebaran, Polda Jateng Terjunkan Ribuan Personel dan Dirikan 253 Posko

SetyoNt - Selasa, 18 April 2023 09:48 WIB
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi (dua dari kanan) menyatakan amankan Mudik Lebaran 2023 Terjunkan Ribuan Personel dan Dirikan 253 Posko Pengamanan (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan TNI-Polri akan bertugas secara maksimal mengamankan mudik maupun perayaan lebaran 2023.

“Sebanyak 21.000 personel TNI-Polri TNI-Polri dan stakeholder terkait nantinya akan disebar di 253 Posko pengamanan di seluruh Jateng,” katanya pada pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 di Lapangan Lanumad Ahmad Yani Kota Semarang, Senin 17 April 2023.

Hadir dalam kegiatan apel Wakil Gubernur Jateng, KH Taj Yasin Maimoen, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono dan para pejabat utama (PJU) Polda Jateng, serta stakeholder terkait.

Lebih lanjut Kapolda Jateng menyatakan mulai Selasa (18/4) pukul 14.00 WIB akan diberlakukan sistem arus lalu lintas one way mulai KM 4 Cikampek sampai GT Kalikangkung Semarang.

“Jika dimungkinkan arus masih mengalami kepadatan maka akan kita perpanjang one way lokal sampai di daerah Bawen,” ujarnya.

Kapolda Jateng menyatakan telah melakukan upaya-upaya preventif untuk masyarakat yang akan melaksanakan mudik menggunakan sepeda motor akan melakukan pengawalan bagi pemudik sampai daerah tujuannya.

“Pada jalur Pantura, masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan roda dua, kita lakukan cek point di beberapa titik mulai dari pintu masuk Brebes, dan kita kawal sampai daerah tujuan,” terang Luthfi.

Pada kesempatan tersebut Kapolda mengimbau kepada pemudik roda dua untuk memeriksa kendaraannya, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti kerusakan motor hingga menimbulkan kecelakaan.

“Selain itu, jaga kesehatan karena Jateng merupakan titik lelah dan jenuh untuk mudik,” tandasnya.

Sementara, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo menambahkan, meski pemerintah telah mengimbau kepada pemudik untuk tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, namun hasil pantauan masih banyak pemudik yang nekat mengendarai roda dua.

“Para pemudik nantinya akan mendapatkan pengawalan dari kepolisian agar selamat sampai tujuan,” katanya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS