Alexa.com Akan Ditutup, Berikut Situs Ranking Web Alternatif

Sulistya - Rabu, 22 Desember 2021 17:32 WIB
Alexa.com Segera Ditutup Amazon, Ini Situs Ranking Web Alternatif yang Bisa Anda Akses (Alexa.com)

Jakarta, Jatengaja.com - Raksasa e-commerce Amazon yang berbasis di Amerika Serikat, mengabarkan akan menutup Alexa pada Mei 2022. Alexa merupakan layanan peringkat situs web yang telah diluncurkan oleh Amazon sejak tahun 1996 yang merupakan layanan berlangganan berbayar dengan analisis dan wawasan SEO yang detail dan terperinci.

Amazon juga telah mengumumkan bahwa mereka akan segera menutup layanan Alexa.com yang telah beroperasi selama 25 tahun terakhir. Seperti yang telah diketahui, Alexa.com telah menyediakan layanan seperti statistik dan peringkat situs web yang akan segera ditutup pada Mei 2022.

Amazon mengatakan bahwa API layanan tersebut akan dimatikan oleh perusahaan pada Desember 2022 setelah Alexa Internet dimatikan. Namun, Anda masih bisa mengakses Alexa.com untuk mencadangkan data sebelum layanan tersebut ditutup untuk selamanya.

Seperti yang dilansir dari laman Times of India, Amazon masih belum memberikan alasan yang resmi mengenai penutupan layanan internet Alexa.

Laporan menunjukkan bahwa data dari perusahaan analisis lalu lintas dan pemasaran, Semrush telah menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan terus menerus dalam lalu lintas layanan Alexa sendiri selama bertahun-tahun.

Untuk Anda yang masih membutuhkan layanan internet seperti Alexa, Anda bisa mengakses beberapa situs tersebut yang bisa menggantikan atau alternatif dari Alexa.

1. Semrush

Semrush adalah platform pemasaran konten populer dengan berbagai tools canggih untuk menganalisis situs web dan SEO. Dengan menggunakan Semrush, Anda bisa menganalisis SEO, riset pasar, dan bahkan mencari kampanye pencarian berbayar.

2. Ahrefs

Ahrefs juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menggantikan Alexa sebagai situs ranking web alternatif. Dengan menggunakan Ahrefs, Anda bisa mengoptimalkan situs website Anda, melihat bagaimana situs web Anda bersaing dengan kompetitor, menjelajah kata kunci yang tepat, melacak peringkat situs, dan masih banyak lagi.

3. Similarweb

Jika situs web perbandingan lalu lintas situs web murni adalah yang Anda cari, Similarweb adalah situs ranking web alternatif yang harus Anda coba. Dengan menggunakan Similarweb, Anda dapat melihat peringkat global, negara, dan kategori situs web pilihan Anda, serta metrik traffic situs berdasarkan wilayah dan keterlibatan atau engagement.

4. SpyFu

Alternatif situs rangking web selain Alexa.com lainnya yaitu Spyfu. Spyfu akan memudahkan Anda untuk melacak peringkat kata kunci, memeriksa pesaing organik, melihat kata kunci PPC kompetitor, dan memeriksa tautan balik yang digunakan kompetitor berdasarkan kata kunci, dan banyak lagi.

5. Moz Pro

Moz Pro merupakan situs yang akan memberikan tools SEO termasuk penjelajah tautan, penjelajah kata kunci apa yang tepat untuk digunakan, dan pelacak peringkat situs Anda. Meskipun Moz Pro tidak memiliki fitur sama persis atau sebagai alternatif situs ranking web seperti Alexa.com, Moz Pro dapat mengoptimalkan situs web dan melacak peringkat situs Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 22 Dec 2021

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS