Hore, Tiga Pulau di Karimunjawa Segera Dialiri Listrik

Sulistya - Rabu, 22 Desember 2021 17:01 WIB
Jaringan listrik milik PLN

Semarang, Jatengaja.com – Kabar gembira bagi warga di tiga pulau kecil di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Tiga pulau itu, pulau Parang, Genting, dan Nyamuk bakal segera mendapat aliran listrik dari PLN.

Kabar baik itu disampaikan GM PLN Unit Induk Distribusi Jateng DIY, Irwansyah, saat acara penyerahan bantuan listrik gratis di ruang rapat gedung A lantai 2 kompleks Pemprov Jateng, Rabu (22/12). Dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk menyelesaikan persoalan listrik di pulau-pulau kecil itu.

"Alhamdulillah hari ini ada info menarik. Listrik di Karimunjawa khususnya di pulau-pulau kecil seperti Parang, Nyamuk dan Genting akan diambil alih oleh PLN. Waktu saya ke sana, memang ada problem dimana sumber energi listrik dari sollar cell di sana rusak dan masyarakat tidak mampu memperbaiki," kata Ganjar usai acara.

Dikatakan, dirinya saat itu melobi PLN untuk mengambil alih pemenuhan kebutuhan listrik di tiga pulau itu. Gubernur bebrapa waktu lalu mengunjungi pulau Parang Karimunjawa, dan di sana dia mendapat keluhan warga terkait sumber energi listrik.

Energi listrik yang mereka dapat dari sollar cell rusak, sehingga aktivitas masyarakat terganggu.

Tiga Bulan

"Barusan pak GM menyampaikan akan di take over PLN. Jaringannya diperbaiki sehingga masyarakat di sana mendapatkan tindakan afirmasi. Kebutuhan listrik mereka akan bisa dipenuhi dan tiga bulan lagi selesai," ucapnya.

Dengan demikian, maka kemandirian penerangan di pulau-pulau kecil itu akan bisa diselesaikan.

"Hadirnya PLN mengambil alih kebutuhan listrik di sana menjadi harapan masyarakat," tuturnya.

Adapun GM PLN Unit Induk Distribusi Jateng DIY, Irwansyah mengatakan, pihaknya sudah koordinasi dengan pemkab Jepara terkait penanganan listrik di pulau Parang, Genting, dan Nyamuk. Saat ini pihaknya akan melakukan pelengkapan persyaratan dan hal-hal teknis lainnya.

"Secara teknis akan kami laksanakan. Rencana kita, tiga bulan lagi kita akan bisa mengambil alih untuk kelistrikan di pulau-pulau itu," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS