Acara Sambut Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen Telan Anggaran Rp2 Miliar

SetyoNt - Selasa, 07 Maret 2023 18:49 WIB
Acara Sambut Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen Telan Anggaran Rp2 Miliar (ilustrasi/yotube.com)

Sragen, Jatengaja.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Semarang bakal menggelar berbagai acara dengan anggaran Rp2 miliar guna menyambut Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen.

Acara yang dipersiapkan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen antara lain Sragen Bersholawat bersama Habib Syech, Expo, Parade Musik Campursari, karnaval, hingga pentas wayang kulit.

Asisten I Sekda Sragen, Joko Suratno menyatakan rangkaian acara Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen akan mulai dilaksanakan 29 April hingga 5 Juni 2023 dengan melibatkan berbagai instansi.

“Semoga tahun 2023, seluruh lapisan masyarakat Sragen betul-betul turut merasakan dan bangga akan momentum Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen,” kata Joko yang juga Ketua Penyelenggara Hari Jadi Kabupaten Sragen dilansir dari jatengprov.go.id, Selasa (7/3).

Sementara, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyatakan, anggaran yang digunakan untuk kegiatan acara ini adalah kolaboratif dengan total sekitar Rp2 miliar.

Anggaran tersebut berasal dari masing-masing dinas, seperti anggaran wayang kulit dan pentas musik yang berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Pengajian Habib Syech di Bagian Kesra.

“Acara akan disebar di beberapa tempat, seperti Festival Musik Campur Sari di Alun-alun Tangen, Wayang Kulit di Mondokan, Pengajian Habib Syech di Gondang. Sehingga, kegiatannya merata tidak satu titik bisa dirasakan seluruh masyarakat Kabupaten Sragen, dengan kulturnya masing-masing,” ujar Yuni.

Bupati Sragen menjelaskan tidak mengundang bintang tamu atau artis Ibukota, namun akan mencari penyanyi yang digemari masyarakat Sragen.

“Tadi kita usulkan penyanyi dengan lagu-lagu jawa campursari yang digemari anak-anak muda sekarang, seperti Denny Caknan dan Ndarboy untuk tampil di Festival Musik di Alun-alun Sragen,” katanya.

Selanjutnya sebagai puncaknya akan dilaksanakan Upacara Hari Jadi ke-277 di Lapangan Taruna, dengan konsep mengenakan baju adat Nusantara.

“Saya minta saat Upacara Hari Jadi memakai baju Nusantara dengan baju adat masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Yang mau pakai adat Bali boleh, Papua boleh, Bugis juga boleh,” jelas Yuni. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS